Berita Kabupaten Banjar

Aplikasi Tracking Bisa Pantau Kendaraan Operasional Milik Pemerintah Kabupaten Banjar

Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Dinas Kominfo Kabupaten Banjar (Kalsel), Cornelius Kristianto, mengatakan, aplikasi Tracking menjadi perhat

MC KOMINFO BANJAR UNTUK BPOST GROUP
ILUSTRASI - Bupati Banjar (Kalsel), H Khalilurrahman, pantau Command Center Barokah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Dinas Kominfo Kabupaten Banjar (Kalsel), Cornelius Kristianto, mengatakan, aplikasi Tracking menjadi perhatian guna memantau kendaraan operasional. 

Dikembangkan juga aplikasi dalam rangka mendukung satu data Kabupaten Banjar.

Aplikasi tersebut online dan realtime serta petugas yang menggunakan akan dibekali dengan smartphone ataupun dengan laptop agar bisa mengoperasikan di manapun berada.

“Bupati bisa langsung mengamati di Command Center sehingga setiap perubahan data akan terupdate saat itu juga dan diharapkan seluruh SKPD akan mendukung, contohnya Badan Pendapatan Daerah, melalui aplikasi yang telah terhubung ke command center, begitu ada uang masuk ke Kas Daerah, data di Command Center akan langsung berubah, sehingga dapat langsung dievaluasi capaian target penerimaan PAD melalui aplikasi ini,” beber Cornelius Kristianto, Minggu (29/3/2020).

Satu Keluarga Demam Seusai Mandikan Jenazah Pasien Virus Corona, Nafa Urbach & Titi Kamal Geram

Permintaan Maaf dr Tirta Setelah Jatuh Sakit dan Jadi PDP Covid-19, Ngaku Kondisi Memburuk

Dampak Wabah Corona di Kalsel, Begini Sepinya Suasana Pasar Pagi RTH Kijang Mas Pelaihari

Warga Kampung Pariaman HSS Gotong Royong Bersama Satgas TMMD Bersihkan Gorong-gorong Tersumbat

Gunakan Truk Water Canon, Polres HSS Semprotkan Cairan Disinfektan ke Jalan Protokol Kota kandangan

Dia mengatakan harapannya semua SKPD bisa menyatu di Portal Layanan ini dalam rangka mewujudkan visi Bupati untuk mencapai Kabupaten Banjar yang Sejahtera dan Barokah. 

Portal Layanan Publik, Aplikasi CCTV, Aplikasi Tracking Kendaraan Operasional, Aplikasi Satu Data, dan Aplikasi untuk Rekomendasi BTS sudah dipresentasikan Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar melalui Bidang E-Government.

Pada kesempatan tersebut juga dipresentasikan aplikasi yang dikembangkan oleh Dinas PUPR Kabupaten Banjar.

"Portal ini adalah satu pintu masuk dari semua aplikasi dan bertujuan untuk mengamankan aplikasi-aplikasi yang ada, karena di portal ini Kominfo sudah memproteksi dengan keamanan informasi,” tandasnya.

Selain itu, Dinas Kominfo juga mengembangkan layanan umum diantaranya CCTV untuk memantau wilayah di Kabupaten Banjar, dimana pada tahun 2020 ini ditambah 10 CCTV yang harapannya dapat dipergunakan secara optimal seperti pada perhelatan acara Haul Abah Guru Sekumpul. (Banjarmasinpost.co.id/Niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved