Berita Banjarbaru

PLN Jaga Keandalan Pasokan Listrik Rumah Sakit Rujukan Covid-19

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng) berkomitmen penuh menjaga keandalan pasokan listrik

PT PLN (persero) UIW KSKT
Jajaran PLN Unit Induk Kalselteng menjaga keandalan suplai listrik ke rumah sakit rujukan Covid-19. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng) berkomitmen penuh menjaga keandalan pasokan listrik Rumah Sakit (RS) yang menjadi rujukan penanganan Covid-19 di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

General Manager PLN UIW Kalselteng, Sudirman mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemantauan secara khusus ke lima Rumah Sakit yang menjadi rujukan penanganan Covid-19, yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin dan RSUD H Boejasin Pelaihari di Kalimantan Selatan, RSUD Dr Doris Sylvianus Palangkaraya, RSUD Dr Murjani Sampit dan RSUD Sultan Imanuddin, Pangkalan Bun di Kalimantan Tengah.

“Tim kami sudah terjun melakukan pemantauan ke Rumah Sakit yang menjadi rujukan pemerintah untuk penanganan Covid-19, instruksinya jelas bahwa kami akan menjaga pasokan listrik untuk rumah sakit tersebut tetap andal, listriknya harus terus menyala,” ujarnya.

Sudirman menjelaskan, langkah yang dilakukan PLN untuk memastikan keandalan pasokan listrik rumah sakit antara lain memastikan penyulang dan jaringan listrik yang memasok listrik ke Rumah Sakit bebas dari potensi gangguan sentuhan benda asing.

Selain itu, untuk memastikan pasokan semakin aman, pihaknya menyiapkan penyulang cadangan yang dapat dijadikan sebagai back-up jika terjadi gangguan.

“Semua potensi gangguan yang diindikasi dapat mengganggu suplai listrik ke Rumah Sakit sudah kami antisipasi. Kami juga menyiapkan penyulang cadangan demi mengantisipasi adanya gangguan suplai listrik pada jaringan utama,” jelas Sudirman.

Untuk memaksimalkan pengamanan keandalan listrik, PLN melakukan supervisi terhadap instalasi dan genset yang tersedia di rumah sakit, serta menyiapkan petugas khusus yang siap 24 jam melayani kelistrikan Rumah Sakit sewaktu-waktu jika diperlukan.

“Kami juga sudah menunjuk petugas khusus yang siap siaga 24 jam untuk melayani kelistrikan di rumah sakit, jika ada kendala apapun terkait kelistrikan, petugas kami siap melayani,” ungkap Sudirman.

Sudirman turut mengimbau masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Virus Covid-19 dengan memperbanyak waktu di rumah dan menghindari keramaian.

Ia menegaskan petugas PLN dengan sekuat tenaga akan terus memastikan suplai listrik ke Pelanggan dapat terus andal, sehingga masyarakat yang beraktivitas di rumah dapat nyaman tanpa adanya gangguan suplai listrik.

“Guna mendukung gerakan Pemerintah untuk meminta masyarakat berada di rumah, kami akan terus memastikan suplai listrik Pelanggan terus andal. Petugas PLN jaga listrik tetap menyala untuk Pelanggan, Pelanggan di rumah saja untuk PLN,” pungkasnya. (htw/*)

Penulis: R Hari Tri Widodo
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved