Belajar di Rumah Diperpanjang

Selain Sekolah, PTN di Banjarmasin Juga Perpanjang Kuliah dari Rumah Menangkal Penyebaran Covid-19

Selain Sekolah, PTN di Banjarmasin Juga Perpanjang Kuliah dari Rumah Menangkal Penyebaran Covid-19

HO/UIN Antasari
UIN Antasari Banjarmasin_wm 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tidak hanya sekolah di bawah binaan Pemerintah Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan saja yang memutuskan perpanjangan waktu belajar dari rumah kepada peserta didiknya, sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) pun menerapkan kebijakan serupa.

Satu diantaranya Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin, yang memutuskan meliburkan aktivitas belajar mahasiswa di kampusnya sampai berakhirnya semester genap.

Humas UIN Antasari Banjarmasin, Ali Akbar saat dikonfirmasi mengenai kabar tersebut, membenarkannya, Senin (30/3/2020).

Menurutnya semester genap dimulai dari 20 Januari dan akan berakhir sampai 15 Mei 2020 mendatang.

UN SD dan SMP se Kota Banjarmasin akan Ditiadakan Pascaperpanjangan Masa Belajar di Rumah

Pose Ayu Ting Ting di Foto Jadul Semasa SMA, Wajah Sohib Ruben Onsu Itu Jadi Sorotan

Dokter Tirta Singgung Rokok Membunuhmu Pasca Tes Virus Corona, Sebut Jokowi & Sandiaga Uno

" Iya, jadi menindaklanjuti surat edaran rektor UIN Antasari, tentang proses perkuliahan dilaksanakan secara daring, diperpanjang sampai dengan berakhirnya semester genap atau tetap mengikuti kalender akademik," jelasnya.

Sedangkan berkaitan dengan pembelajaran secara online masih terus-menerus dimonitor Prodi, Fakultas, Pascasarjana, UPB dan Ma'had Al- Jami'ah yang berkoordinasi wakil rektor bidang akademik dan kelembagaan.

Selain itu, untuk ujian yang meliputi komprehensif, proposal, skripsi, tesis, kualifikasi dan ujian disertasi tertutup akan diperpanjang masa berlakunya sampai dengan berakhir semester genap 2019/2020.

"Demikian pula pada kepenasihatan akademik, bimbingan proposal dan bimbingan penulisan skripsi, tesis dan disertasi agar juga dilaksanakan secara daring," jelasnya.

Tidak hanya UIN Antasari, kebijakan serupa juga telah dilakukan oleh pihak Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM, Dr H Aminuddin Prahatama saat dihubungi melalui teleponnya, mengatakan seharusnya masa belajar dari rumah atau daring kepada mahasiswanya akan berakhir 27 Maret lalu.

Namun kini menyikapi perpanjangan status keadaan Darurat Bencana penyebaran wabah akibat penyakit Covid-19 di Tanah Air maka akan diperpanjang sampai 8 April.

Aminuddin mengaku bersyukur pada pemberlakuan belajar dari rumah atau daring, sejauh ini tidak ada kendala dialami para dosen dan mahasiswanya.

Justru terhitung sampai saat ini sudah termonitor sebanyak 500 dosen dan 17 ribu lebih mahasiswanya telah melaksanakan pembelajaran via online tersebut.

"Dan itu pun belum termasuk dosen-dosen dan para mahasiswa yang lain, atau menerapkan pembelajaran dengan aplikasi sendiri. Namun tidak bisa tercatat oleh sistem kami," tutupnya.

(Banjarmasinpost.co.id /Ahmad Rizki Abdul Gani)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved