Taman Mekarsari Kabupaten Balangan

VIDEO Taman Mekarsari Penuh Bunga Celosia di Kabupaten Balangan yang Pernah Viral

Sempat viral, taman bunga celosia di Desa Tampang, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, Kalsel, telah dikunjungi ribuan pengunjung.

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Sempat viral, taman bunga celosia di Tamansari, Desa Tampang, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, Kalsel, telah dikunjungi ribuan pengunjung.

Taman ini, merupakan taman yang dikelola secara pribadi oleh Khairullah, tokoh masyarakat di desa setempat.

Diberi nama Taman Mekarsari, pemiliknya memberikan konsep taman yang penuh bunga dan dianggap sebagai tempat yang nyaman untuk bersantai. Selain itu, taman tersebut dirawat sedemikian rupa. Bahkan bunga-bunganya dibentuk dan dibuat pola labirin.

Bertempat di Kecamatan Lampihong dan berada di pinggir jalan utama menuju Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), membuat taman ini cukup strategis untuk dikunjungi oleh warga Balangan, maupun warga dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) khususnya Amuntai.

Pengelola Taman Mekarsari, Khairullah, memperlihatkan sayur okra yang juga ditanam, Minggu (29/3/2020).
Pengelola Taman Mekarsari, Khairullah, memperlihatkan sayur okra yang juga ditanam, Minggu (29/3/2020). (BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI)

Terlebih dari ibu kota keduanya, yakni Paringin dan Amuntai, Taman Mekarsari hanya berjarak tempuh kurang lebih 30 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Taman Mekarsari dibangun pada Februari 2019 lalu.

Sudah banyak pengunjung yang datang dan mengabadikan moment di tempat tersebut.

Bahkan tercatat dalam buku tamu taman mencapai angka ribuan.

Permintaan Maaf dr Tirta Setelah Jatuh Sakit dan Jadi PDP Covid-19, Ngaku Kondisi Memburuk

Satu Keluarga Demam Seusai Mandikan Jenazah Pasien Virus Corona, Nafa Urbach & Titi Kamal Geram

Taman Mekarsari Penuh Bunga Celosia, Tempat Wisata yang Tak Jauh dari Kota Paringin

Momen Tahun Baru dan Libur Lebaran Waktu yang Tepat ke Taman Bunga Celosia di Kabupaten Balangan

Di Taman Mekarsari Kabupaten Balangan, Bunga Dirawat Berkala dan Tanaman Segera Ganti Kalau Rusak

Paling menjadi daya tarik taman ialah bunga celosia yang berwarna warni.

Adapun Khairullah memilih warna merah dan kuning untuk mendominasi isi taman. Karena warna bunga itu ujarnya cerah dan memberikan kesan ceria.

"Kami memang sengaja memilih bunga celosia. Karena mudah tumbuh dan warnanya juga cerah," ucap Khairullah.

Selain bunga celosia, jenis tanaman lainnya juga terlihat di Taman Mekarsari, Kacamatan Lampihong tersebut. Terutama tanaman jenis akar-akaran.

Pemandangan Taman Mekarsari, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, Kalsel, dilihat dari ketinggian, Minggu (29/3/2020).
Pemandangan Taman Mekarsari, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, Kalsel, dilihat dari ketinggian, Minggu (29/3/2020). (BANJARMASINPOST.CO.ID/ISTI ROHAYANTI)

Tak hanya untuk menambah koleksi bunga. Tumbuhan jenis akar juga digunakan sebagai lorong-lorong untuk masuk ke dalam taman. Termasuk pintu gerbangnya yang juga dihiasi tanaman merayap.

Ada beberapa pula tanaman obat yang dirawat di taman tersebut. Hal itu ujar Khairullah juga sebagai tanaman pengusir serangga. Terutama belalang, capung, laba-laba atau hama yang biasa merusak padi.

Pasalnya, secara tidak langsung, Taman Mekarsari juga sebagai tempat untuk menjauhkan hama yang ada pada ladang padi di sekitar taman tersebut. (Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved