Berita Kalteng

DPO Polres Ketapang Kalbar Ditangkap Polres Kobar, Langgar UU ITE

Seorang pria berinisia MA (42) ditangkap Polres Kobar Kalteng karena diduga lakukan pencemaran nama baik lewat akun facebook

istimewa/Polres Kobar
Rilis kasus pencemaran nama baik oleh Polres Kobar terkait pelanggaran UU ITE. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Polres Kotawaringin Barat (Kobar) , Kalimantan Tengah, menangkap seorang pria dengan inisial MA berumur 42 tahun, karena diduga melakukan tindak pidana pencemaran nama baik melalui akun Facebooknya.

Akibat perbuatan melanggar hukum mencemarkan nama baik dengan melanggar Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)  tersebut, MA yang juga masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Polres Ketapang Kalimantan Barat ini, Selasa (31/3/2020) meringkuk di kamar tahanan Polres Kotawaringin Barat.

Kapolres Kobar, AKBP E Dharma B. Ginting, mengungkapkan, hingga saat ini tersangka yang berasal dariK elurahan Mulia Baru Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, sudah diamankan dan tahan di Mapolres Kobar.

Menurut Kapolres, selama berada di Kobar dia tinggal di Jalan Ahmad Yani, Gang Kopar Kelurahan Baru Kecamatan Arut Selatan (Arsel) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) , Kalteng.

Pemuda Penyebut Polisi Monyet dan Kampret Dijerat UU ITE, Diserahkan ke Polresta Banjarmasin

Ratusan Istri Tentara Dibekali Pencerahan UU ITE, Bijak dalam Bermedsos

UU ITE dan UU Pers Dibahas dalam Pelatihan Liputan Kriminal yang Digelar PWI Kalteng

Dharma Ginting menjelaskan, Tindak Pidana ITE yang dilakukan MA, membuat Caption serta komentar pada Postingan yang diduga mencemarkan nama baik PT. KPC yang menggunakan Media Sosial Facebook pribadinya dengan nama Akun Iyan Ranjau.

Dijelaskan Kapolres, caption pada postingan tersebut adalah berbunyi." Pabrik pengolahan bijih besi di Desa Bumiharjo Pangkalanbun tertutup disinyalir pabrik buat Bom. Ini takok tangkal Beritanya, " ujar Kapolres menyebutkan.

Bukan hanya itu, pelaku juga menulis di kolom komentar di dalam postingannya tersebut dengan menggunakan kata-kata Perusahaan PKI tu om yang mana dari caption serta komentar pada pstingan akun facebook Iyan Ranjau tersebut tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

Polisi Tahan Pemilik Akun FB yang Berkomen Tak Pantas pada Guru Sekumpul, Dia Dijerat UU ITE

Tangis Mulan Jameela Hadapi Kasus UU ITE Jerat Ahmad Dhani di ILC via Live Streaming TV One

Ginting mengungkapkan,  tersangka merupakan DPO Polres Ketapang juga Kasus ITE di tahun 2019. "Tersangka tidak koperatif dalam memenuhi panggilan penyidik Satreskrim Polres Kobar , kemudian melarikan diri ke Kabupaten Ketapang, sehingga saat kembali ke Kobar tersangkut kasus yang sama kemudian ditangkap. Dia terancam 6 tahun kurungan , sesuai UU ITE," ujarnya. banjarmasinpost.co.id / faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved