Kalselpedia

Kalselpedia - Komunitas Seribu Guru Kalsel

Mereka adalah kumpulan tenaga pendidik yang peduli dengan pendidikan anak bangsa yang ada di pelosok-pelosok Kalsel

istimewa
Komunitas 1000 Guru Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, Kalselpedia - Komunitas 1000 Guru Kalsel adalah sebuah komunitas yang melakukan kegiatan edukasi kepada siswa khususnya Sekolah Dasar yang ada di daerah pelosok di Kalsel.

Komunitas yang bermarkas di Banjarbaru ini memiliki beberapa program kegiatan, dan salah satunya tidak lain adalah berupa Teaching and Travelling (TnT).

Sebelum melakukan kegiatan ini, mereka biasanya terlebih dahulu melakukan survei dengan sasaran SD sederajat yang ada di pelosok Kalsel.

Kemudian mereka menemui Kepala Desa serta Kepala Sekolah, untuk menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan yang akan dilakukan.

Kalselpedia - DPRD Kabupaten Kotabaru Dukung Pelebaran Jalan Poros

Kalselpedia - Nama Jalan Poros di Kabupaten Kotabaru, Titik Nol Km di Sini

Selanjutnya 1000 Guru Kalsel pun membuka perekrutan relawan atau volunteer melalui berbagai media sosial, kemudian melakukan kegiatan TnT dengan tim atau pengurus.

Adapun kegiatan yang dilakukan yakni mengajar para siswa dengan beragam cara, mulai dari belajar seperti biasa hingga dibuat seperti games dan sebagainya.

Cukup banyak sekolah yang sudah dijamah oleh 1000 Guru Kalsel ini bahkan sudah sekitar 15 kali.

Misalnya saja SDN Pulau Satu Desa Pulau Satu Kecamatan Kusan Hilir, Tanahbumbu, SDN Lalapin Desa Batung Kecamatan Piani, Tapin dan masih banyak lagi sekolah di berbagai kabupaten dan kota lainnya yang ada di Kalsel.

Aktivitas yang dilakukan selain mengadakan TnT dan TnG, 1.000 Guru Kalsel biasanya juga menggelar pertemuan satu bulan sekali.

Komunitas 1000 Guru sendiri tersebar di berbagai penjuru Tanah Air, namun untuk Kalsel mulai berdiri pada 28 Maret 2015 dan sekarang anggotanya berjumlah sekitar 35 orang.

Halaman
12
Penulis: Frans
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved