Wabah Corona di Kalsel

Positif Corona Bertambah, DPRD Kalsel Minta Kalsel Diperketat

Menyikapi bertambahnya jumlah pasien positif Covid-19 di Kalsel, DPRD Kalsel meminta pintu masuk ke Kalsel diperketat

banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Rapat DPRD Kalsel bersama Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kalsel mengonfirmasi jumlah pasien yang positif mengidap virus Covid-19 bertambah menjadi total 5 orang, Senin (30/3/2020).

Dalam rapat koordinasi antara Gugus Tugas bersama DPRD Provinsi Kalsel, Senin (30/3/2020), Anggota DPRD Provinsi Kalsel meminta Gugus Tugas untuk lebih mengetatkan pintu masuk ke Kalsel termasuk di Bandara Syamsudin Noor.

Menurut Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kalsel, Imam Suprastowo, adanya rencana penutupan Bandara di Kalimantan Tengah (Kalteng) berpotensi menjadi masalah bagi Kalsel.

Pasalnya, hal ini diprediksi akan mengalihkan arus penumpang tujuan Kalteng ke Kalsel untuk selanjutnya menuju ke Kalteng melalui jalur darat maupun sungai.

Selain 5 Positif Corona di Kalsel, 1 PDP Meninggal Negatif Covid 19

300 Orang Positif Corona di Jawa Barat Hasil Rapid Test, Ridwan Kamil Sebut Sukabumi Terbanyak

Penjelasan Gugus Tugas Kalsel Kondisi 5 Pasien yang Dikabarkan Positif Corona

UPDATE COVID-19 KALTENG: Pasien Positif Corona Palangkaraya yang Meninggal Sudah Dinyatakan Negatif

"Ini akan membuat permasalahan di Kalsel, karena mereka akan melalui atau bahkan bermalam di Banjarmasin atau Banjarbaru sebelum menuju ke Kalteng," kata Imam.

Ketua Komisi IV, H M Lutfi Saifuddin juga meminta Gugus Tugas untuk mengantisipasi dan menyusun langkah terbaik atas kemungkinan arus kedatangan besar-besaran ke Kalsel dalam waktu dekat.

Arus kedatangan ini menurut Lutfi bisa terjadi jika benar beberapa daerah di Pulau Jawa akan memberlakukan karantina wilayah di daerahnya dan masyarakat Kalsel yang ada di daerah-daerah tersebut diprediksinya akan lebih memilih kembali ke Kalsel selama masa karantina wilayah.

"Kalau di Jawa akan lockdown, mahasiswa, pekerja kita pasti akan pulang. Bandara akan kebanjiran arus masuk, ini kami minta harus diperhatikan betul," kata H M Lutfi.

Pasien Positif Corona di Kalteng Bertambah Jadi 5 Orang, Terjangkit dari Luar Daerah

Kabupaten Banjar Ambil Langkah Khusus Setelah 2 Warganya Positif Covid-19

Apalagi dalam rapat koordinasi tersebut, salah satu Dokter Spesialis Paru di RSUD Ulin Banjarmasin, dr Ali Assagaf sempat menyebutkan bahwa pasien-pasien positif Covid-19 di Kalsel memang terindikasi memiliki riwayat perjalanan dari daerah dengan tingkat penularan tinggi di luar Kalsel.

Artinya besar kemungkinan kasus-kasus Covid-19 di Kalsel yang sudah terkonfirmasi memang merupakan kasus transmisi dari luar Kalsel. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved