Berita Nasional

Solusi Pengisian NIK dan KK yang Tak Sesuai Saat Sensus Penduduk Online 2020, Cek sensus.bps.go.id

Solusi Pengisian NIK dan KK yang Tak Sesuai Saat Sensus Penduduk Online 2020, Cek Link sensus.bps.go.id

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/foc./ANTARAFOTO/Oky Lukmansyah
Seorang Aparatur Negeri Sipil (ASN) mendatangani komitmen bersama dukung sensus penduduk saat rapat koordinasi daerah sensus penduduk 2020 di Pendapa Kota Tegal, Jawa Tengah, Kamis (6/2/2020). Sensus penduduk oleh BPS secara online pada 15 Februari hingga 31 Maret dan wawancara langsung di rumah pada satu Juli hingga 31 Juli 2020 yang dilaksanakan setiap lima atau sepuluh tahun sekali serentak di seluruh Indonesia tersebut untuk menghitung jumlah penduduk serta mengumpulkan informasi dasar kependudukan. 

Inilah solusi pengisian data form Sensus Penduduk Online 2020 di situs sensus.bps.go.id

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sampai saat ini masyarakat masih banyak yang mengalami kesulitan saat melakukan pengisian data secara mandiri dalam Sensus Penduduk Online 2020 melalui situs sensus.bps.go.id yang merupakan program dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Banyak anggota masyarakat yang mengeluhkan tak bisa menyelesaikan pengisian data dalam form Sensus Penduduk Online 2020 di situs sensus.bps.go.id karena terkendala ketidakcocokan antara Kartu Keluarga ( KK ) dan Nomor Induk Kependudukan ( NIK ).

Mengutip informasi resmi Badan Pusat Statistik atau BPS, kendala ketidaksinkronan antara KK dan NIK saat pengisian data dalam form Sensus Penduduk Online 2020 di situs sensus.bps.go.id terjadi karena penduduk menggunakan KK terbaru yang dibuat pada periode tahun 2020.

BINGUNG Isi Data Sensus Penduduk Online 2020 di sensus.bps.go.id? Perhatikan Cara & Batas Waktunya

Sementara di sisi lain, dalam Sensus Penduduk Online 2020, BPS menggunakan metode kombinasi (combine method) yang berasal dari data administrasi pendudukan milik Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) sebagai basis data dasar.

Data dari Dukcapil menggunakan basis data terbaru dari tahun 2019 sehingga otomatis penggunaan KK yang diterbitkan tahun 2020 sering kali tak bisa digunakan di Sensus Penduduk Online 2020.

BUPATI Banjar, H Khalilurrahman, menjalani kegiatan sensus penduduk yang dilaksanakan BPS Banjar..
BUPATI Banjar, H Khalilurrahman, menjalani kegiatan sensus penduduk yang dilaksanakan BPS Banjar.. (MC KOMINFO KABUPATEN BANJAR)

Sebagai solusinya, dalam pengisian data Sensus Penduduk Online 2020, masyarakat bisa menggunakan KK lama yang dibuat sebelum tahun 2020. Namun, dengan mengisikan keterangan anggota keluarga sesuai dengan keadaan saat ini (KK terbaru). Solusi lainnya, gunakan NIK dari anggota keluarga lain. 

"Silakan cek kembali NIK dan KK yang di-input, pastikan tidak ada kesalahan pengetikan nomornya. Jika NIK dan KK yang di-input sudah benar, silakan coba login dengan NIK anggota keluarga lain," tulis BPS dalam keterangan resminya.

Jika masih tidak bisa, silakan gunakan KK dari arsip sebelumnya untuk login. Jika tidak memiliki KK lama, BPS mengimbau penduduk untuk menunggu kedatangan petugas sensus pada Juli 2020.

Untuk bisa berpartisipasi dalam Sensus Penduduk 2020, syarat yang dibutuhkan yakni nomor KTP dan KK. Kemudian, setidaknya ada 21 pertanyaan yang bisa diisi secara online atau ditanyakan petugas sensus jika dilakukan secara offline.

Halaman
123
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved