Bumi Antaludin

Bagikan Masker Gratis di Pasar Rakyat, Bupati HSS Utamakan untuk PKL

Para pedagang kaki lima di Pasar Raya, Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel), dapat masker gratis.

DISKOMINFO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
Bupati HSS, H Achmad Fikry, membagikan masker gratis dari urunan ASN Pemkab HSS untuk dagang kaki lima di Pasar Subuh Kandangan, Rabu (1/4/2020). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry, membagikan masker gratis kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di Pasar Rakyat Jalan HM Yusi Kandangan, Rabu (1/4/2020).

Aksi turun langsung ke lapangan ini dilakukan sebagai salah satu upaya Pemkab HSS melindungi masyarakat dalam rangka mencegah penularan virus corona.

Selain Bupati HSS, juga turut turun ke pasar adalah Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah HM Noor, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perdagangan, Camat Kandangan, beserta sejumlah pejabat pemerintahan HSS lainnya.

Bupati HSS menjelaskan pembagian masker kain gratis kali ini diutamakan untuk PKL karena mereka merupakan salah satu penggerak roda perekonomian yang harus dilindungi kesehatannya.

Bersama wakil Bupati, Bupati HSS memantau aktivitas jual beli di Pasar Rakyat Kandangan, Rabu (1/4/2020).
Bersama wakil Bupati, Bupati HSS memantau aktivitas jual beli di Pasar Rakyat Kandangan, Rabu (1/4/2020). (DISKOMINFO HULU SUNGAI SELATAN)

Bupati HSS juga menyebutkan masker yang dibagikan terbuat dari kain dan pembuatannya tidak dibiayai oleh uang pemerintah, tapi kepedulian dari ASN Pemkab HSS yang melakukan urunan.

Selain membagikan masker, pada kesempatan itu juga dilakukan edukasi bagaimana cara memakai dan merawat masker dengan baik dan benar.

Dijelaskan, masker dibuat dari kain memudahkan dicuci kembali sehingga bisa dipakai berulang-ulang.

"Jika diberikan yang satu kali pakai, hari ini diberikan besok masyarakat tidak bisa memakainya lagi," kata Fikry.

Bupati berharap melalui cara ini bisa meyakinkan masyarakat bahwa mereka tetap bisa berusaha berjualan dengan catatan tetap menjaga kesehatan.

Bupati HSS mengajak ngobrol pedagang ikan di Pasar Rakyat Kandangan.
Bupati HSS mengajak ngobrol pedagang ikan di Pasar Rakyat Kandangan. (DISKOMINFO HULU SUNGAI SELATAN)

Salah satunya dengan menggunakan masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun di kran-kran air yang telah tersedia di Pasar Rakyat.

Sebelumnya Bupati HSS menyerahkan secara simbolis masker kepada beberapa PKL dan memberikan arahan tentang petunjuk pemakaian masker kain, dilanjutkan peninjauan ke beberapa sudut Pasar Rakyat, sambil sesekali menyapa pedagang dan membeli jualannya. (AOL/*)

Penulis: Hanani
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved