Serambi Mekkah

Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banjar Siapkan Karantina untuk ODP

Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Banjar, Kalsel, beberkan upaya menekan penyebaran virus corona atau Covid-19.

MC KOMINFO KABUPATEN BANJAR
Video Conference oleh Ketua Gugus Tugas, HM Hilman (kiri), didampingi juru bicara Gugus Tugas, dr H Diauddin, Rabu (1/4/2020). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Setelah 11 hari pascapenetapan status Tanggap Darurat Non Bencana Alam oleh Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Banjar, tim terus berupaya maksimal menangani dan menangkal penularan virus Covid-19 tersebut. 

Saat Rabu (1/4/2020) sore, Ketua Gugus Tugas HM Hilman ST MT didampingi Kepala Dinas Kesehatan Banjar dr H Diauddin dan Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Banjar HM Aidil Basith, menggelar konferensi pers jarak jauh melalui video (video conference) di Command Center Barokah, Martapura,

Hilman mengatakan, sesuai hasil rapat Forkominda Banjar langkah terkini yang akan diberlakukan, yakni karantina kesehatan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Karantina kesehatan tersebut dipilah dua opsi yakni karantina mandiri (di rumah) dan karantina di tempat tertentu (terpusat).

Dikatakannya, untuk karantina terpusat, tempat yang telah diputuskan bersama untuk menjadi tempat karantina adalah Guest House Sultan Sulaiman di Jalan A Yani dan Balai Diklat BKD Banjar di Jalan Menteri Empat, Martapura.

Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banjar, HM Hilman ST MT, memimpin video conference di Command Center, Martapura, Rabu (1/4/2020).
Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Banjar, HM Hilman ST MT, memimpin video conference di Command Center, Martapura, Rabu (1/4/2020). (MC KOMINFO KABUPATEN BANJAR)

Ada kriteria tertentu ODP yang akan dikarantina, termasuk siapa yang mesti dikarantina di tempat terpusat tersebut.

Kriteria tersebut, antara lain untuk yang kurang, disiplin menaati imbauan pemerintah, seperti masih kerap beraktivitas di luar rumah.

"Lalu, untuk ODP yang dari sisi ekonomi tidak mampu melakukan karantina mandiri, maka pemerintah akan memfasilitasi dikarantina terpusat tersebut," sebut Hilman.

Pihaknya berharap semua ODP benar-benar menaati semua imbauan pemerintah agar Banjar  terhindar dari penularan virus corona sehingga cukup melakukan karantina mandiri di rumah masing- masing.

"Sebenarnya kami berharap ODP bisa melakukan karantina mandiri. Tapi kalau dilihat dari hasil pemantauan selama ini, sepertinya besok ada yang dibawa ke karantina di tempat yang telah kami siapkan. Dan orang yang dikarantina menjadi tanggungjawab pemerintah untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," jelasnya.

Juru bicara Gugus Tugas Covid Kabupaten Banjar, dr H Diauddin.
Juru bicara Gugus Tugas Covid Kabupaten Banjar, dr H Diauddin. (MC KOMINFO KABUPATEN BANJAR)

Juga dipaparkan, data terkini (update) pada Rabu (4/1/2020) pukul 14.00 Wita, yakni jumlah ODP sebanyak 128 orang, PDP nihil, dan kasus terkonfirmasi (positif covid-19) sebanyak 3 orang.

Sementara itu, dr Diauddin selaku kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar mengimbau kepada masyarakat agas selalu menjaga stamina, menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup sehat serta mengurangi aktivitas di luar rumah.

Hal itu dapat mengurangi penyebaran atau penularan Covid-19. (*/AOL)

Penulis: Idda Royani
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved