Corona di Kalteng

Satgas Covid-19 Disinfeksi Kapal Beserta Awak yang Masuk Kabupaten Kapuas

Kapal dari daerah luar yang berlayar dan masuk perairan Kabupaten Kapuas, Kalteng, menjalani pemeriksaan untuk mencegah tersebarnya virus corona.

SATGAS COVID-19 KABUPATEN KAPUAS UNTUK BPOST GROUP
Tim Satgas COVID-19 Kapuas, Kalteng, memeriksa suhu tubuh ABK dan melakukan penyemprotan disinfektan, Rabu (1/4/2020). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Kapuas, Kalteng, terus melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona.

Satu di antaranya, mengawasi keluar masuknya orang luar daerah ke wilayah Kabupaten Kapuas, termasuk melewati jalur perairan.

Jika ada kapal dari luar daerah memasuki Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas, maka tim akan segera melakukan inspeksi dan disinfeksi.

Tim Satgas melalui Dinas Perhubungan bersama tim kesehatan dan Satpolair Kapuas melakukan inspeksi dan disinfeksi terhadap tugboat asal Gresik, Jawa Timur, Rabu (1/4/2020).

Tugboat yang membawa 10 orang termasuk Anak Buah Kapal (ABK) maupun ABK tongkang diperiksa di Dermaga Danau Mare, Kapuas.

Kepala Pos Laut, Sungai dan Penyeberangan Danau Mare, Mashuri, mengatakan, tugboat ini ingin memasuki Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas dengan tujuan ke Sungai Puting untuk menarik tongkang bermuatan Crude Palm Oil (CPO)

"Kami lakukan inspeksi dan disinfeksi sesuai SOP yang ada terhadap para ABK. Yaitu dengan pengecekan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan baik untuk ABK maupun alat-alat kapal," katanya.

Lebih lanjut, Mashuri menjelaskan kegiatan inspeksi seperti ini rutin dilakukan terhadap kapal-kapal.

"Dilakukan juga penyemprotan disinfektan dan pemeriksaan kesehatan dalam rangka pencegahan Cocid-19," ujarnya.

Senada juga disampaikan oleh Hendry dari Kantor Kesehatan Pelabuhan wilayah Palangkaraya area kerja Kabupaten Kapuas.

Halaman
12
Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved