Wabah Corona di Banjarmasin

Cegah Corona Masuk, Kepala KKP Banjarmasin : Crew Kapal Dilarang Turun

KKP Kelas II Banjarmasin melarang semua crew dan kapten kapal yang sandar di Pelabuhan Trisakti dan Pelabuhan Martapura Baru turun dari kapal.

banjarmasinpost.co.id/jumadi
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin, H Ruslan Fajar, Skm yang ditemui di kantornya, Jalan Belitung Banjarmasin, Kamis (2/4/2020) siang. Sebuah kapal Roro yang sandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin, H Ruslan Fajar, Skm menegaskan sejak lima hari yang lalu, pihak KKP Kelas II Banjarmasin melarang semua crew dan kapten kapal yang sandar di Pelabuhan Trisakti dan Pelabuhan Martapura Baru turun dari kapal.

Kebijakan ini, sudah disampaikan dalam surat edaran dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banjarmasin.

"Setiap kapal yang sandar di Pelabuhan Trisakti, baik itu Perahu Layar Motor (PLM), Kapal Layar Motor (KLM), kapal roro maupun kapal bermuatan kontiner, semua crew dan kapten kapal tidak dibenarkan untuk turun ke darat,"Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin, H Ruslan Fajar, Skm yang ditemui di kantornya, Jalan Belitung Banjarmasin, Kamis (2/4/2020) siang.

Baik itu menemui keluarga, teman maupun untuk berbelanja di darat untuk sementara tidak boleh. Sementara logistik untuk keperluan crew kapal harus diantar oleh pihak agen kapal pelayaran untuk didrof ke kapal.

VIDEO Ditutup Karena Darurat Corona, Pelabuhan Trisakti Banjarmasin Sepi

Sandar di Trisakti Banjarmasin, Penumpang dan ABK Kapal Pesiar Berbendera Australia  Diperiksa

VIDEO Suasana Penyemprotan Disinfektan pada Kapal Laut di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

"Mengapa itu dilarang, sebab mereka-kan baru datang dari provinsi lain, sehingga sangat rawan terjadinya penularan Virus Corona ke warga lain di Banjarmasin,"terang Ruslan Fajar.

Walaupun, ungkapnya pada saat kapal sandar, semua crew kapal sudah dilakukan pemeriksaan oleh petugas KKP Kelas II Banjarmasin.

Disinggung sejauhmana pemeriksaan terhadap crew kapal asing yang melakukan loading di Muara Tabunio Tanah Laut, menurutnya tetap dilakukan pemeriksaan secara intensif.

Cegah Virus Corona, Tim KKP Banjarmasin Semprot Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin

KKP Janji Tambah Alat Scanner Thermal di Bandara Syamsudin Noor Kalsel dan Pelabuhan

"Setiap kapal asing labuh jangkar di Muara Tabunio, maka tiga petugas kami datang dengan menggunakan speedboat menuju Muara Tabunio. Setelah hasil pemeriksaan aman, maka petugas kami memasang bendera berwarna kuning yang artinya kapal dalam keadaan aman,"tambah Ruslan Fajar.

Disinggung apakah jumlah petugas KKP Kelas II Banjarmasin sudah ideal, menurutnya belum."Kami masih kekurangan petugas kesehatan KKP Kelas II Banjarmasin,"jujurnya. (banjarmasinpost.co.id/jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved