Berita Banjarmasin

DARURAT CORONA BANJARMASIN - Kapal Roro Dilarang Jual Tiket, Kecuali Angkut Sembako

kapal jenis roro untuk sementara tidak dibolehkan membawa penumpang dan mobil pribadi, kecuali barang dan Sembako atau logistik.

banjarmasinpost.co.id/jumadi
Kapal Roro sandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Ditutupnya akses masuk ke Kalsel, Kapal roro dilarang mengangkut penumpang kecuali sembako atau logistik. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Berlaku mulai Rabu (1/4/2020), kapal jenis roro untuk sementara tidak dibolehkan membawa penumpang dan mobil pribadi, kecuali barang dan Sembako atau logistik.

Larangan itu terkait surat dari Gubernur Kalsel nomor 188.44/0210/KUM/2020 tanggal 31 Maret 2020, tentang pembatasan arus masuk orang yang datang dari luar Kalsel.

Terkait larangan itu, Kepala Kantor KSOP Kelas I Banjarmasin, Capt Mugen S Sartoto, Rabu (1/4/2020) menyebutkan, kepada seluruh perusahaan pelayaran di Kalsel untuk tidak membawa penumpang, dengan menjual tiket kapal dari luar daerah tujuan Pelabuhan Banjarmasin.

Ditekankannya, itu setelah menindaklanjuti surat Keputusan Gubernur Kalimantan Selatan nomor 188.44/0210/KUM/2020 tanggal 31 Maret 2020 tentang pembatasan arus masuk orang yang datang dari luar Kalsel.

Video Penumpang Kapal Roro Ditabrak Mobil Pikap di Dermaga Sungai Puting Viral, Begini Faktanya

Kapal Roro Angkut Bantuan Pemprov Kalsel untuk Korban Gempa di Lombok

Cuaca Buruk dan Gelombang Tinggi di Laut Jawa, Kapal Roro Dilarang Berlayar

"Sebelumnya pihak KSOP sendiri juga menerima surat edaran dari Dirjen Perhungan Laut nomor SE 2020, tentang pembatasan penumpang kapal, angkutan logistik dan pelayanan pelabuhan selama darurat Covid-19,"terang Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin.

Ditambahkannya pula bahwa mulai tanggal 1 April, kapal roro dari Surabaya - Banjarmasin, tidak boleh mengangkut penumpang. Sedangkan untuk penumpang dari Banjarmasin - Surabaya, tetap diperbolehkan.

Masalah ini, telah dikoordinasikan dengan pengelola pelabuhan di Surabaya. Baik secara formal dengan surat maupun dengan informal atau langsung.

"Atas keputusan tersebut saya memastikan, seluruh perusahaan pelayaran siap untuk melaksanakan.

Keputusan ini juga sudah saya sosialisasikan ke seluruh perusahaan pelayaran,"tutur Mugen.

Diakuinya bahwa selama ini pada hari-hari biasa di luar bulan Ramadan, jumlah penumpang kapal roro jurusan Banjarmasin - Surabaya tidak terlalu banyak.

Kemudian pembatasan ini, hanya untuk penumpang saja. Sedangkan logistik dan angkutan barang tetap bisa masuk dan keluar seperti biasa.

BREAKING NEWS: Simulasi Kapal Roro Terbakar di Pelabuhan Trisakti Hebohkan Warga

Hari Ini Dua Kapal Roro Berangkat dari Banjarmasin ke Surabaya

"Untuk batas larangan ini akan disesuaikan perkembangan kondisi sebagaimana disampaikan tim Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian dan Penanganan COVID-19, Pemprov Kalsel.

Jajaran kami selalu berkoordinasi dengan tim gugus untuk memastikan perkembangan itu,"terangnya.

Seperti diketahui, kapal Ro-Ro adalah kapal yang bisa memuat kendaraan yang berjalan masuk ke dalam kapal dengan penggeraknya sendiri dan bisa keluar dengan sendiri juga, sehingga disebut sebagai kapal roll on - roll off atau disingkat Ro-Ro. (banjarmasinpost.co.id/jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved