Berita HSS

Pemkab HSS Pastikan Stok Pangan Cukup untuk Tiga Bulan Ke Depan

Pemkab HSS memastikan stok pangan di Kabupaten HSS tersedia untuk tiga bulan kedepan

banjarmasinpost.co.id/hanani
Rapat Kerja Komisi II DPRD HSS dengan Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perdagangan dan BPPD-Kesbangpol HSS, Rabu (1/4/2020). Banjarmasin Post/hanani 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) memastikan, stok pangan di Kabupaten HSS tersedia untuk tiga bulan kedepan, sehingga cukup menghadapi situasi sekarang serta Ramadhan mendatang.

Penjelasan tersebut disampaikan Asisten Administrasi Pembangunan dan Kemasyarakatan, Sasmi Rifani, saat rapat kerja dengan Komisi II DPRD HSS, Rabu (1/4/2020) di Ruang Rapat Utama DPRD HSS.

Sebelumnya, pada rapat yang dipimpin Ketua Komisi II Kartoyo tersebut dan dihadiri anggota komisi tersebut, mempertanyakan ketersediaan stok pangan untuk masyarakat HSS serta kesiapan Pemakb HSS menghadapi kemungkinan situasi terburuk akibat wabah covid-19 serta menghadapi Bulan Ramadhan yang diperkirakan pekan terakhir di bulan April.

Selain Sasmi Rifani, rapat kerja juga dihadiri Kepala Dinas Perdagangan HSS Sudiono, Kepala Dinas Ketahanan Pangan,A Mawardi serta Kepala Dinas Pertanian M Noor dan perwakilan BPBD- Kesbangpol.

Kondisi PDP Covid-19 yang Ditangani, 1 Orang dari Kabupaten HSS Dipulangkan

Bagikan Masker Gratis di Pasar Rakyat, Bupati HSS Utamakan untuk PKL

UPDATE COVID-19 KALSEL, Pendonor Khawatir Terpapar Corona, PMI Banjarmasin Kehabisan Stok Darah

Masyarakat Lakukan Aksi Borong Efek Covid-19, Stok Beras Banjar di Kalsel Masih Aman

Berdasarkan penjelasan dinas terkait tersebut, Sasmi Rifani menjelaskan, untuk penanganan kedepan, jika terjadi kemungkinan terburuk ditetapkan lockdown, Pemkab HSS sudah merencanakan menyediakan dana fisik untuk menjaga ketersediaan pangan sebagaimana diumumkan pemerintah pusat.

Disebutkan, saat ini Pemkab HSS memiliki stok beras di Bulog sebanyak 5000 ton, dan jika kondisi darurat stok tersebut disalurkan ke masyarakat.

"Dinas terkait juga akan selalu berkoordinasi dengan pihak distributor agar ketersediaan pangan khususnya selama wabah virus corona sampai Ramadhan selalu terpantau,"kata Sasmi.

Diapun meminta, agar masyarakat bisa melakukan transaksi jual beli online, memanfaatkan WA, karena saat ini sejumlah pedagang mulai menggunakan fasilitas WA dan membentuk group WA pedagang untuk melayani pembeli.

Tujuannya, mengurangi tatap muka langsung mencegah penyebaran virus corona. "Sekarang juga sudah ada jasa kurir pengataran barang ke rumah, jika pesan via group WA"ungkap Sasmi.

Sebelumnya, Komisi II DPRD HSS, meminta Pemkab HSS memerhatikan pengawasan jalur distribusi serta mencegah penimbunan.

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved