Breaking News:

Wabah Corona di Kalsel

Siapkan Dana Penanganan Awal Covid-19 Rp 10 Miliar di Pemprov Kalsel

Dana untuk penanganan wabah corona atau Covid-19 sedang dipersiapkan tim anggaran Pemprov Kalimantan Selatan ( Kalsel ) dan DPRD pun memberi dukungan.

Penulis: Nurholis Huda | Editor: Alpri Widianjono
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalsel memberi dukungan kepada pemprov yang merencanakan pengalokasian dana untuk penanganan wabah virus corona atau Covid-19. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Penganggaran untuk penanganan virus corona atau Covid-19 di Kalimantan Selatan ( Kalsel ),  harus tercukupi dan tersedia jika diperlukan.

"Memang ada beberapa kegiatan. Kalau yang di SKPD yang kira-kira tidak mungkin dilaksanakan, itu akan ditarik, dianggarkan untuk penanganan Covid-19. Ini sedang tahap verifikasi. dibahas di Tim Anggaran Pemerintah Daerah atau TAPD," kata Kabid Anggaran pada Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kalsel, Agus Dyan Nur, Kamis (2/4/2020).

Sementara ini, diambil dianggarkan masing-masing kegiatan perjalan dinas yang diefisiensikan.

"Nanti kalau anggaran UNBK juga tidak dilaksanakan, bisa saja dipertimbangkan untuk dipakai. Namanya, refocusing. Semua tidak mustahil, karena semua masih memungkinkan," imbuh dia.

Dipostur dianggarkan APBD, sebelumnya tidak ada soal corona ini, sehingga karena ada wabah ini jadi ada namanya belanja tidak terduga.

"Belum pasti berapa besaran. Jika anggaran Rp 10 miliar, tidak mungkin nanti bisa sampai Rp 50 miliar bisa lebih. Kemarin dari tim Banggar ada usulan Rp 100 miliar. Kami siapkannya bertahap. Sebab, kami harus didukung karena untuk kepentingan masyarakat," kata dia.

Cegah Covid-19, Diklat Ambulung di Banjarbaru Calon Tempat Karantina ODP

Rincian Kondisi Terkini Pasien Covid-19 di Provinsi Kalsel, Positif Virus Corona Masih 8 Pasien

GTPPP Covid-19 Kalsel Minta Warga Tak Perlu Keluar Rumah Jika Tak Penting

Tambahan 2 PDP dari Banjarmasin, GTPPP Covid-19 Beberkan Kondisi Pasien

GTPPP Covid-19 Kalsel Sebut ODP di Banjarbaru Sebanyak 188 Orang

Pejabat Eselon IV Pemprov Kalsel Diminta untuk Bekerja dari Rumah

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel, M Syaripuddin, mengapresiasi langkah cepat Pemerintah Provinsi Kalsel yang siapkan dana kurang lebih Rp 10 miliar untuk penanganan awal wabah virus corona atau Covid-19.

"Pemprov sudah siapkan dana penanganan Rp 10 miliar, mungkin sudah didistribusikan ke Gugus Tugas," kata M Syaripuddin.

Sedangkan untuk penanganan lanjutan wabah Covid-19, pihaknya juga sudah meminta Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Kalsel untuk menyusun pos anggaran mana saja dalam APBD yang akan direlokasi.

"Informasi yang kami dengar dari Bakeuda, Gugus Tugas sudah menyusun anggaran kurang lebih Rp 100 miliar untuk keperluan  penanganan Covid-19 jangka panjang," kata M Syaripuddin.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved