Breaking News:

Berita Banjarbaru

Belajar di Rumah Diperpanjang, Kadisdik Banjarbaru : Maksimalkan Peran Orangtua

Disdik Banjarbaru memperpanjang masa belajar di rumah selama pandemi Covid-19. Kadisdik berharap peran orang tua dimaksimalkan

Penulis: Aprianto | Editor: Hari Widodo
banjarmasinpost.co.id/aprianto
Kepala Dinas Pendidikan Banjarbaru M Aswan menekankan perlunya dimaksimalkan peran orang tua dalam pembentukan karakter anak selama belajar di rumah. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU-Dinas pendidikan Kota Banjarbaru memperpanjang masa libur siswa, baik untuk TK, SD dan SMP, selama dua pekan ke depan, dari 6 April hingga 19 April mendatang.

Sebelumnya, para siswa di Banjarbaru sudah diliburkan sejak 23 Maret hingga 4 April.

Pandemi covid-19 yang masih belum berakhir, membuat dinas pendidikan Kota Banjarbaru memperpanjang sistem belajar di rumah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru M Aswan, mengatakan pihaknya sudah melakukan evaluasi dari sistem belajar yang sudah berjalan dua pekan ini.

Imbauan WFH dan Belajar di Rumah Tingkatkan Penjualan Kuota Internet di Banjarmasin

VIDEO Belajar di Rumah Selama Libur Corona

Belajar di Rumah, SMKN 2 Marabahan Terapkan Sistem Quizizz

"Kami sudah melakukan evaluasi. Untuk dua pekan ke depan ini, sistem belajar di rumah ini lebih ditekankan kepada orangtua untuk membangun karakter anaknya dalam aktivitas di rumah," katanya, Jumat, (3/4/2020).

Dicontohkannya, untuk anak TK, orangtua diminta untuk mencontohkan karakter seperti religus, kemandirian, cinta kebersihan, cinta tanah air.

"Orangtua bisa mencontohkan hal-hal positif seperti bangun bagi, cara menggosok gigi yang baik dan kegiatan positif lainnya," lanjutnya.

Lalu bagaimana dengan siswa SD dan SMP, disebutkannya bahwa sistem belajar di rumah juga lebih ditekankan untuk belajar karakter. Untuk tugas-tugas tertulis akan dikurangi.

Untuk tugas materi akan dikurangi. Namun, pendidikan karakter yang akan ditekankan. Dengan memaksimalkan peran orang tua di rumah, dengan pengawasan para guru melalui grup whatsapp.

Penerapan sistem daring dengan melibatkan komunikasi antara wali kelas dan orang tua siswa tetap dilakukan.

Bedanya, untuk tugas materi akan dikurangi pada sistem belajar di rumah lanjutan ini. Jadi, siswa tidak dibebankan tugas belajar yang menumpuk.

UN SD dan SMP se Kota Banjarmasin akan Ditiadakan Pascaperpanjangan Masa Belajar di Rumah

Pemko Banjarmasin Perpanjang Masa Belajar di Rumah, ini Larangan untuk Para Siswa

Ditekankannya, bahwa belajar di sekolah memang diliburkan, namun tidak ada yang namanya siswa libur atau bebas jalan-jalan.

Para siswa akan tetap belajar, namun di rumah. Pihaknya menghimbau agar para siswa tidak melakukan kegiatan jalan-jalan atau kegiatan kumpul-kumpul. (banjarmasinpost.co.id/aprianto)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved