Wabah Corona di Kalsel

Waket DPRD Kalsel Pantau Kesiapan Uji Spesimen Covid-19 di BTKLPP Banjarbaru

Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin sambangi BTKLPP Banjarbaru memastikan kesiapan mengemban tugas sebagai fasilitas pemeriksa spesimen corona

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Hari Widodo
istimewa/humas dprd kalsel
Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin pantau kesiapan BTKLPP Banjarbaru. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Banjarbaru di Jalan Mistar Cokrokusumo, Banjarbaru sudah beroperasional sebagai Laboratoriun Pemeriksa Covid-19.

Hal ini sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor : HK.01.07/MENKES/214/2020 tentang Jejaring Laboratorium Pemeriksaan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Terkait hal ini, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel, M Syaripuddin sambangi BTKLPP Banjarbaru memastikan kesiapan BTKLPP Banjarbaru mengemban tugas sebagai fasilitas pemeriksa spesimen kasus Covid-19, Senin (6/4/2020).

Dari hasil diskusinya dengan Pelaksana Tugas Kepala BTKLPP Banjarbaru, Hamidi SKM., M.Kes, M Syaripuddin yang akrab disapa Bang Dhin paparkan mekanisme pemeriksaan spesimen di BTKLPP Banjarbaru.

Gugus Tugas Harapkan BBTKLPP Bisa Segera Periksa Swab Spesimen Covid-19, Lengkapi Komponen Ini

Sumbang APD ke RS, Wakil Ketua DPRD Kalsel Relakan 6 Bulan Gajinya

Batalkan Kunker Luar Negeri, DPRD Kalsel Relokasi Anggaran untuk Covid-19

Dimana BTKLPP Banjarbaru hanya menerima pengujian Covid-19 terhadap spesimen yang dikirimkan rumah sakit (RS), dinas kesehatan dan laboratorium kesehatan.

Artinya, permohonan pemeriksaan spesimen selain dari instansi tersebut termasuk dari perorangan tak akan dilayani.

Protokol alur pemeriksaan spesimen, kontrol kualitas eksternal hingga mekanisme pengiriman spesimen dan pelaporan hasil pemeriksaan di BTKLPP Banjarbaru dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel dan Balitbangkes.

"Pemeriksaan menggunakan form dan SOP yang telah ditetapkan oleh Balitbangkes," kata Bang Dhin, Selasa (7/4/2020).

BTKLPP Banjarbaru saat ini mampu melakukan pemeriksaan Covid-19 terhadap sebanyak 32 spesimen per hari dengan waktu pemeriksaan selama 2 hingga 3 hari.

Namun dengan upaya pengoptimalan secara bertahap, kapasitas pemeriksaan bisa ditingkatkan hingga 64 spesimen perhari.

Dijelaskan Bang Dhin, menurut Plt Kepala BTKLPP Banjarbaru, Hamidi, BTKLPP Banjarbaru melakukan berbagai upaya termasuk peningkatan SDM, menyesuaikan fokus anggaran, pembenahan ruangan pemeriksaan serta sarana dan prasarana sejak ditunjuk sebagai Laboratoriun Pemeriksa Covid-19.

"Disampaikan Plt Kepala BTKLPP Banjarbaru, refocussing anggaran dilakukan untuk penyediaan reagensia, primer dan control positive, penyediaan APD serta penyediaan bahan consumable," kata Bang Dhin.

Kendala yang masih dialami menurut Bang Dhin, yaitu masih diperlukannya sarana dan prasarana untuk optimalkan kapasitas pemeriksaan.

Daftar 5 Kelemahan Virus Corona, Cocok Diketahui untuk Cegah Penularan Covid-19

VIDEO Update Covid-19 Kalsel, PDP Bertambah Lima Orang

Selain itu, dalam operasionalnya melakukan pemeriksaan spesimen, BTKLPP Banjarbaru juga saat ini melibatkan tenaga personel dari MIPA ULM dan tentunya diperlukan kompensasi honorarium.

Bang Dhin berkomitmen akan menampung semua aspirasi dan bersedia menjembatani dengan pemerintah terkait kendala-kendala yang dihadapi. (banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved