Ekonomi dan Bisnis

VIDEO Penjelasan Keberangkatan Jemaah Umroh di Banjarmasin Tertunda

Dampak pembatalan keberangkatan calon jemaah umrah, akibat kebijakan pemerintah Arab Saudi karena pandemi corona atau Covid-19, sangat signifikan.

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ditutupnya sementara keberangkatan umrah ke Tanah Suci oleh pemerintah Arab Saudi, membawa dampak terhadap Biro Perjalanan Haji dan Umroh serta calon jamaah.

Saridi Salimin (54), Owner Biro Perjalanan Haji dan Umroh Al Insani, Banjarmasin, menjelaskan, dampak dari batalnya keberangkatan itu sangat signifikan.

"Kalau misalnya 3,000 jemaah di Kalimantan, ditambah jamaah daerah lain tidak berangkat, maka ini akan terjadi daftar tunggu," kata Saridi kepada Banjarmasinpost.co.id, Selasa(7/4/2020).

Calon jemaah yang mendaftar April, lanjutnya, pasti berangkat Oktober 2020.

Sedangkan yang mendaftar Mei pasti akan berangkat November dan yang  Juni akan berangkat Januari 2021.

"Semua bisa mundur dan ini akan menjadi gunung es karena semua keberangkatan tertunda," kata Saridi.

Semua ini membuat kerugian bagi penyelenggara, hotel dan maskapai.

Sedangkan yang menjadi kendala lagi, seandainya antara supply dan demand tidak seimbang, maka akan terjadi lonjakan harga.

"Makanya saya selalu meyarankan janganlah menunggu. Kalau ada daftar, tidak apa menunggu, karena ini akan menjadi skala prioritas kami," katanya.

Ia sendiri harus menunda 5 keloter yang berarti 250 calon jemaah.

Namun, meskipun harus tertunda, calon jamaah tidak ada komplain.

"Karena rata-rata mereka mengerti bahwa ini bukan dari pihak kami, tapi dari pemerintah Arab Saudi yang menunda keberangkatan dan sampai saat ini tidak ada satu calon jamaah yang mengundurkan diri," ungkap Saridi seraya menambahkan pihaknya tetap membuka pendaftaran untuk tahun depan meskipun saat ini masih ada penundaan.(Banjarmasinpost.co.id/Siti Bulkis)

Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved