Wabah Corona di Kalsel

VIDEO Petugas Satpolair Imbau Penumpang untuk Cegah Penyebaran Corona

Kapal penumpang yang berlayar di Sungai Martapura dan Sungai Barito tidak luput dari pengawasan petugas Satpolair Polresta Banjarmasin, Kalsel.

BANJARMASINPOST.CO.ID/AYA SUGIANTO
Dua anggota Satpolair Polresta Banjarmasin, Bripka Nain Bidangan dan Aipda Sofian Hadi, menyosialisasikan kepada penumpang tentang menjaga jarak, mengenakan masker saat bepergian, waspada penularan virus corona atau Covid-19, Selasa (7/4/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - Kapal Motor Penumpang (KMP) Barito Usaha II, salah satu kapal penyeberangan yang melayani Banjarmasin-Tamban pulang pergi, biasa sandar di Pelabuhan Banjar Raya Banjarmasin.

Kapal tersebut setiap hari beroperasi untuk mengangkut penumpang yang akan menyeberang, pada hari-hari biasa cukup ramai dengan warga yang ingin menyeberang.

Karena saat ini wabah corona atau Covid-19, berdampak dari jumlah penumpang.

Dalam situasi demikian, kapal-kapal penumpang yang berlayar di Sungai Martapura dan Sungai Barito tidak luput dari pengawasan petugas Satpolair Polresta Banjarmasin.

Seperti pada saat Selasa (7/4/2020), anggota patroli Satpolair Polresta Banjarmasin, Bripka Nain Bidangan dan Aipda Sofian Hadi, mendatangi sebuah kapal dan kemdian menyosialisasikan tentang menjaga jarak,  mengenakan masker saat bepergian,   waspada akan virus corona atau Covid-19.

Selain kepada penumpang, anggota Polair Polresta Banjarmasin itu juga memberi arahan kepada nakhoda kapal agar memperhatikan apa yang sudah disosialisasikan.

VIDEO Arus Masuk Orang Dibatasi, Kapal Roro di Trisakti Hanya Boleh Angkut Logistik

Cegah Corona Masuk, Kepala KKP Banjarmasin : Crew Kapal Dilarang Turun

Cegah Covid-19, Kapal Feri Penyeberangan di Alalak Banjarmasin Pun Disemprot Disinfektan

VIDEO Suasana Penyemprotan Disinfektan pada Kapal Laut di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

Syarif, nakhoda KMP Barito Usaha II, mengungkapkan, memang sering petugas polair memberikan imbauan kepada penumpang.

"Dan kami juga selalu mengimbau kepada penumpang agar duduk jangan berdekatan, jaga jarak. Kami takut juga kena virus corona," ujar Syarif, seraya menambahkan jumlah penumpang kian menurun.

Sementara itu, Bripka Nain Bidangan, mengungkapkan, rutin melakukan patroli dan selalu memberikan pengarahan kepada para ABK dan penumpang kapal penyeberangan agar selalu jaga jarak dan mengenakan masker saat aktivitas diluar rumah.

"Kami juga mendatangi kapal-kapal tugboat yang tambat di dermaga dan bantaran, menyosialisasikan hal yang sama kepada para AB," tambah, anggota Patroli Satpolair Polresta Banjarmasin ini.

Selain kapal penyeberangan yang beroperasi diwilayah perairan Sungai Barito, petugas Satpolair Polresta Banjarmasin juga mendatangi kapal-kapal tugboat yang tambat dan mengimbau kepada para ABK agar tidak berkerumun.

Kalau baru datang dari pelayaran, jangan dulu turun dari kapal dan harus melapor dulu, mengantisipasi penularan virus corona  atua Covid-19. (Banjarmasinpost.co.id/Aya Sugianto)

Penulis: Aya Sugianto
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved