Berita Banjarbaru

Gubernur Kalsel Bagikan 1.000 Liter Asap Cair untuk Perangi Corona

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor membagikan asap cair bahan pembuat disinfektan

istimewa/humas dishut kalsel
Pembagian Disenfektan oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor kepada Forkompinda dan Bupati Wali Kota se Kalsel 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, mengajak semua pihak untuk bersama bergerak memerangi Coronavirus.

Pria yang akrab disapa Paman Birin itu menegaskan hal itu saat memberikan bantuan cairan disenfektan yang ramah akan lingkungan, kepada segenap Forkompinda dan Bupati Wali kota se-Kalimantan Selatan, di Halaman Setdaprov Kalsel di Banjarbaru, Rabu (8/4/2020).

Disenfektan itu berupa asap cair yang diproduksi oleh Dinas Kehutanan serta Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan. Dimana asap cair itu berbahan dari cangkang sawit.

Cairan disinfektan yang langka di pasaran pasca-merebaknya virus corona (Covid-19) tidak boleh dijadikan hambatan untuk terus menggalakkan upaya disinfeksi di tengah masyarakat.

Gapki Kalsel Suplai Bahan Pembuat Asap Cair, Cegah Penyebaran Corona

Hasnur Group Bantu Asap Cair Cangkang Sawit, Bahan Pembuat Disinfektan

Perangi Covid-19, Dishut Kalsel Produksi Asap Cair untuk Disinfektan

"Virus corona harus dibunuh secara masif, supaya penyebarannya bisa ditekan, haram manyarah untuk melawan covid," tandas H Sahbirin Noor.

Ditegaskan orang nomor satu di Pemprov Kalsel ini, tidak ada yang tidak bisa kita lakukan selama kita mau bersinergi, berkolaborasi, gotong royong.

"Kita harus bersama bergerak melawan Corona," kata dia.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, Hanif Faisol Nurrafiq, menjelaskan pihaknya mampu memproduksi 1000 liter asap cair perhari dengan bantuan 40 tungku yang bekerja 24 jam.

Menurut Hanif, produksi asap cair ini merupakan solusi dari kelangkaan cairan disinfektan yang ada di pasaran. Cairan ini juga lebih aman digunakan ketimbang cairan kimia yang ada dipasaran.

Mantan Kadishut Tanahbumbu itu msngatakan, selain dibagikan ke Pemerintah Kabupaten Kota se Kalsel, asap cair juga akan dibagikan ke seluruh RT di Kalsel.

"Hari ini kita bagikan secara simbolis sebanyak 60 liter kepada Kabupaten Kota, selanjutnya seluruh RT juga akan kita bagikan," runutnya.

Caranya Mudah, Tutorial Membuat Masker Kain Tiga Lapis Mencegah Virus Corona

VIDEO Respon 1 Meninggal, Warga Pekapuran Raya Semprotkan Disinfektan

Rencananya, Pemerintah Provinsi juga akan mensterilkan secara besar besaran zona merah yakni Kota Banjarmasin pada Kamis (9/4).

"Penyemprotan besok di Banjarmasin melibatkan semua unsur termasuk BPK swasta. Fokusnya, kepada daerah terdampak, di mana daerahnya ada yang sudah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan pasien positif Covid-19 . Nah kita kerahkan untuk Penyemprotan disenfektan alami," kata Ketua BPBD Kalsel, Wahyuddin. (banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved