Bertai Banjarmasin

Kadis PUPR Banjarmasin Arifin Noor Imbau Warga Tidak Merusak Trotoar

Masyarakat Kota Banjarmasin diimbau untuk bersama-sama menjaga trotoar ramah difabel, sehingga tidak rusak.

BANJARMASINPOST.CO.ID/DANTI AYU
Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Banjarmasin, Arifin Noor 

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -  Trotoar di tepi Jalan A Yani yang baru diresmikan Februari 2020, banyak dalam keadaan rusak.

Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Banjarmasin, Arifin Noor, mengimbau kepada masyarakat untuk  tidak merusak aset milik pemerintah pusat tersebut.

"Trotoar itu diresmikan tujuannnya adalah untuk memberikan partisipasi dari Pemerintah Kota Banjarmasin kepada masyarakat supaya nyaman walaupun jalan itu tetap menjadi aset dari pemerintah pusat, jadi harusnya dipelihara bersama," ujarnya saat ditemui sedang melakukan peninjauan perbaikan wilayah permukiman di Jalan Pramuka Kompleks Perumahan DPRD Kota Banjarmasin, Rabu (8/4/2020).

Arifin juga mengharapkan pemerintah pusat sebagai lembaga yang berwenang untuk mengadakan pemeliharaan dan perbaikan jika terjadi kerusakan.

"Pemerintah pusat sebagai yang berwenang diharapkan menjadi perekat bangsa. Jadi kalau ada kerusakan, minta tolong sambil diperbaiki karena tidak semua masyarakat tahu bahwa kewenangan jalan itu merupakan jalan nasional atau provinsi," imbuhnya.

VIDEO Ramah Difabel, Trotoar Baru Sepanjang Jalan Ahmad Yani Mulai Rusak

Pemko Banjarmasin Siapkan Rp 3 MIliar untuk Bangun Trotoar Jalan MT Haryono

Balai Jalan Nasional Bangun Trotoar Ramah Disabilitas di Jalan Hasan Basri, Lantainya dari Granit

Baliho di Atas Trotoar Jalan A Yani Km 6 Dibongkar Dinas PUPR Banjarmasin, Sempat Ganggu Pandangan

Dishub Kota Banjarmasin Segera Tertibkan Kendaraan Parkir di Trotoar Ramah Disabilitas

Cegah Motor Masuk Trotoar, Pemko Pasang Penghalang Kendaraan di Trotoar Mulai Fly Over Sampai Km 6

Mengenai permasalahan trotoar yang mulai mengalami kerusakan, Arifin mengatakan, akan selalu ada pemeliharaan mengingat kegunaan fasilitas tersebut yang selalu dipakai.

Pemeliharaan dan perbaikan biasanya disesuaikan dengan intesitas atau urgensi dari penggunaan fasilitas tersebut.

"Semua ada pemeliharaan, karena semua dipakai sesuai keperluan. Semua yang kita bangun, ada pemeliharaannya,  tinggal masalah pemakaian sesuai desakan. Semua ada dana pemeliharaan," jelasnya.

Arifin mengatakan dalam tahun ini juga pihaknya telah meminta bantuan kepada Balai Jalan untuk membangun trotoar di sepanjang Jalan Kayu Tangi Banjarmasin.

"Kami meminta lagi kepada Balai Jalan membangun trotoar di sepanjangJalan Kayu Tangi sampai ujung, tahun ini sudah mulai dibangun," ujarnya.

Selain mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga trotoar yang baru diresmikan, Kepala Dinas PUPR kota Banjarmasin tersebut juga mengharapkan kesadaran masyarakat setempat maupun pendatang untuk bersama-sama menjaga seluruh fasilitas umum terutama berkaitan dengan masalah kebersihan. (Banjarmasinpost.co.id/Danti Ayu) 

Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved