Tajuk

Kunker Kekinian

VIDEO conference atau vicon termasuk kosa kata yang populer seiring mendunianya virus corona. Perangkat teknologi telekomunikasi interaktif ini memung

istimewa/humas Pemkab Tapin
Bupati Tapin HM Arifin Arpan melakukan video conference dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tapin dan Kepala Puskesmas se Kabupaten Tapin, Senin (6/4/2020) 

Editor: Didik Triomarsidi

BANJARMASINPOST.CO.ID - VIDEO conference atau vicon termasuk kosa kata yang populer seiring mendunianya virus corona. Perangkat teknologi telekomunikasi interaktif ini memungkinkankan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda dapat berinteraksi melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan. Teknologi ini menjawab kebutuhan pertemuan non fisik di dalam situasi kondisi pandemi Corona.

Pandemi Corona ternyata turut mengangkat vicon pun semakin populer mendunia, tak terkecuali juga di negeri ini . Mulai dari level presiden hingga gubernur dan bupati beserta jajaran, menggunakan media teknologi telekomonikasi ini untuk kepentingan rapat dan koordinasi langsung dan cepat. Sangat efektif dalam masa pandemi Corona.

Tak mau ketinggalan, pengadilan negeri juga melakukan cara yang sama saat menyidangkan kasus pidana tanpa harus menghadirkan terdakwa secara fisik. Semestinya vicon juga menjadi media telekomunikasi para anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD). Berbagai kegiatan pertemuan luar daerah, semisal kunker, bisa difasilitasi lewat vicon.

Kalau pun nanti kunker vicon ini terasa berbeda, mungkin garing, itu hanya permulaan. Wajar saja, namanya juga baru dan belum terbiasa. Coba, rasakan dan nikmati teknologi media ini.

Banjarmasin Post edisi Kamis (9/4/2020).
Banjarmasin Post edisi Kamis (9/4/2020). (Dok Banjarmasinpost.co.id)

Yang terpenting, cara ini menghemat anggaran, efektif dan efisien. Tidak ada biaya naik pesawat, sewa hotel dan uang saku. Kalikan dengan jumlah kunjungan komisi sekali perjalanan dalam sebulan. Masing-masing tiga hari perjalanan atau ada yang sampai lima.

Kemudian tiap anggota dewan baik yang tergabung dalam banggar (badan anggaran) dan badan musyawarah (bamus/ banmus) biasanya mendapatkan jatah kunjungan kerja dua kali dalam setahun.

Selain itu ada pula anggota yang masuk dalam badan pembentukan peraturan daerah (bamperda) dan panitia khusus (pansus).

Bila pun ingin suasana yang tidak kaku dan menonton, vicon bisa dilakukan di sebuah rumah makan misalnya, yang ruangannya di-setting secara khusus, sehingga selain merasakan suasana santainya, protap social distancing (jaga jarak) tetap diterapkan.

Jadi, begitulah vicon yang merupakan cara baru kunker yang keren dan kekinian. (*)

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved