Tajuk

Jumat Kali Ketiga

imbauan agar pengelola masjid dan umat muslim di Bumi Lambung Mangkurat untuk tidak menyelenggarakan salat Jumat.

Banjarmasinpost.co.id/Faturahman
Pengelola Masjid Raya Darussalam di Jalan George Obos Palangkaraya, mulai Jumat (27/3/2020) hari ini, meniadakan Salat Jumat, hingga batas waktu yang belum ditentukan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - TEPAT 26 Maret 2020, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalsel mengeluarkan surat edaran terkait mewabahnya virus corona atau Corona Virus Disease (Covid-19).

Dalam surat edaran bernomor 11/DP-P/MUIKS/SR/III/2020 yang ditandatangani Ketua MUI Kalsel KH Husin Nafarin itu berisi diantaranya imbauan agar pengelola masjid dan umat muslim di Bumi Lambung Mangkurat untuk tidak menyelenggarakan salat Jumat.

Seiring terbitnya suratnya edaran tersebut, Salat Jumat digantikan dengan melaksanakan Salat Zuhur di rumah masing-masing. Pemberlakuan tidak melaksanakan Salat Jumat ini pun hanya bersifat sementara atau sampai dengan keadaan terjamin keamanan atau tidak ada lagi penularan wabah Covid-19.

Dalam surat edaran itu juga termuat seruan agar tidak melaksanakan kegiatan keagamaan atau perayaan hari besar Islam yang melibatkan banyak orang, baik di masjid atau tempat lainnya. MUI berharap, warga Kalsel untuk bersikap tenang, menjaga persatuan dan saling membantu dan tidak menyebarkan hoaks.

Banjarmasin Post edisi Jumat (10/4/2020).
Banjarmasin Post edisi Jumat (10/4/2020). (Dok Banjarmasinpost.co.id)

Dengan adanya surat edaran itu sampai Jumat 10 April 2020, terhitung sudah tiga kali, umat Islam di Kalsel dan sekitarnya dan juga hampir di seluruh pelosok Tanah Air tidak melaksanakan Salat Jumat.

Salat Jumat diganti dengan Salat Zuhur sesuai anjuran MUI Kalsel. Jangan pernah untuk memaksakan diri melaksanakan Salat Jumat di masjid-masjid tertentu. Hal ini sangat mengganggu dan merusak program pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus Corona yang sangat mematikan diri.

Jika pun sudah tiga kali meninggalkan Salat Jumat yang dicap sebagai orang munafik, tentu hal ini tidak berlaku termasuk saat wabah pandemi Corona merebak di mana-mana di Tanah Air, termasuk Kalsel.

Apalagi, jika penyebaran virus Corona di suatu kawasan tidak terkendali, bahkan mengancam jiwa, umat Islam malah dianjurkan tidak boleh menyelenggarakan salat Jumat dan menggantinya dengan Salat Zuhur.

Semua kita tentu berharap, wabah virus Corona atau Covid-19 segera berlalu agar anak cucu kita dengan penuh suka cita bisa menempuh pendidikan, beribadah dengan nyaman dan tenang. Cukup sudah melewati Jumat Kali Ketiga. Semoga! (*)

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved