Life Style

Agar Tidak Bosan Belajar di Rumah, Begini Tips Psikolog dari Banjarmasin ini

Agar anak tetap semangat dan tidak bosan belajar selama liburan sekolah, caranya bisa memberikan materi belajar yang bervariasi

Istimewa
Shanty Komalasari MPsi Psikolog memberikan tips agar anak tidak bosan belajar di rumah maka berikanlah materi yang bervariasi. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID - Belajar terus di rumah tentu membuat anak menjadi bosan. Jika sudah begini, tentu mereka tak lagi serius untuk belajar di rumah.

Menurut Shanty Komalasari MPSi Psikolog dari Banjarmasin, agar anak tetap semangat dan tidak bosan belajar selama liburan sekolah, bisa memberikan materi belajar yang bervariasi.

Variasi itu antara lain menggunakan media yang beragam, pengembangan materi lebih luas, bisa juga dengan suasana belajar yang dibangun lebih menyenangkan.

Keterlibatan kedua orangtua dan anggota keluarga lainnya juga akan menjadi penyemangat anak belajar di rumah secara sendiri-sendiriww ataupun group activity.

Isi Waktu Libur Corona, Anak-anak di Batubini HSS Panen Cabai Di Kebun

Begini Dilema Mahasiswi Perantauan Saat Masa Libur Covid-19, Diny dan Nisa Pilih Tak Pulang

Ini Daftar Lengkap Libur Nasional dan Cuti Bersama 2020 Setelah Cuti Idul Fitri Digeser

Berbeda halnya dengan mengerjakan tugas di sekolah dan di rumah. Di rumah akan lebih banyak hal-hal yang menjadi "faktor pengganggu" dari pada di sekolah.

Oleh sebab itu perlu diminimalisir faktor apa saja yg menjadi pengalih perhatian anak dalam belajar.

Bisa disepakati bersama misalnya jam belajar dirumah, yang artinya pada jam-jam tersebut semua orang di rumah melakukan aktivitas belajar.

Tidak ada yg buka youtube, menyalakan televisi, memutar musik atau ngobrol diluar pelajaran. Semua orang di rumah membaca, mengerjakan tugas, beraktivitas kreasi agar produktif.

Selama belajar dan mengerjakan dari rumah, anak sebaiknya didorong untuk memaksimalkan ide-idenya agar energinya lebih banyak terserap untuk area pemikiran.

"Diharapkan tugas dan kegiatan belajar lebih menarik, variatif dan menyenangkan,"ungkapnya.

Orang tua perlu memberi dukungan saat anak belajar dan mengerjakan tugas, dampingi anak disampingnya dengan mencurahkan seluruh perhatian padanya dengan tenang dan kasih sayang.

Tujuannya, agar anak merasakan perhatian dan kesungguhan dari orangtuanya.

Kuota Gratis Telkomsel, XL dan Indosat Saat Wabah Virus Corona, Belajar di Rumah Lebih Oke

Belajar di Rumah Diperpanjang, Kadisdik Banjarbaru : Maksimalkan Peran Orangtua

Perbedaan belajar dengan tatap muka dan online sangat dirasakan perbedaannya dari sisi emosionalnya. Ketika tatap muka langsung guru dapat mengajar secara langsung dengan mimik muka dan getar suara yang dapat dirasakan oleh anak.

Namun, pada saat belajar online, sisi emosional tersebut berkurang karena dibatasi oleh media yang digunakan yakni layar gawai ataupun laptop. (banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved