Ramadhan 2020

Janis Sayur dan Buah-buahan Bantu Supaya Puasa Ramadhan 2020 Tak Bolong-bolong

Untuk menjaga supaya saat menjalankan ibadah puasa kondisi kesehatan kita tetap prima, sehingga Ramadhan 2020 ini tak ada yang bolong.

KitsKitchen
Ilustrasi makan sayuran. 

Editor: Didik Triomarsidi

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA – Ramadhan 1441 Hijriah atau Ramadhan 2020 tinggal menghitung hari. Sebentar lagi kita meljanlankan puasa yang diwajibkan dalam agama Islam.

Untuk menjaga supaya saat menjalankan ibadah puasa kondisi kesehatan kita tetap prima, sehingga Ramadhan 2020 ini tak ada yang bolong.

Untuk itu jangan sampai mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang kurang bermanfaat saat berpuasa.

Sayur dan buah-buahan ini dapat membantu untuk menjalankan puasa yang optimal karena sayur-sayuran dapat membantu menahan lapar selama kurang lebih 13 jam berpuasa.

Dokter ahli gizi, dr. Jovita Amelia, MSc, SpGK, menjelaskan sayur dan buah-buahan memiliki serat tinggi yang dapat mengurangi dehidrasi sehingga bisa tahan berpuasa.

7 Jenis Makanan Sehat yang Bikin Fit Selama Ramadan, Juga Oke untuk Menu Buka Puasa

Ini 8 Buah yang Banyak Diburu saat Bulan Ramadan, Lebih Joss Disantap saat Berbuka

BREAKING NEWS - Satu Warga HST Positif Covid-19 Cluster Gowa Setelah Rapid Test

UPDATE Corona di Kalsel 11 April 2020: Jumlah PDP Meningkat, Segini Jumlah versi GTPPP

Tentunya sayur dan buah-buahan juga memiliki protein yang tinggi.

“Banyak makan sayur dan buah karena mengandung serat sehingga saat berpuasa tidak terkena dehidrasi juga dan kalau serat cukup, maka terpenuhi juga kebutuhan protein dan yang lainnya,” kata Jovita melalui keterangan tertulisnya kepada Tribunnews.com, Senin (27/5/2019).

Untuk buah,dan sayur yang paling mudah ditemui serta kaya serat dan nutrisi adalah buah pisang dan sayur bayam yang juga kerap menjadi menu keseharian keluarga Indonesia.

Sarannya, buah dan sayur ini harus ada setiap kali sahur dan berbuka puasa. Bisa juga dikonsumi sebelum tidur malam untuk memperbanyak serat pada tubuh.

Ilustrasi mencuci buah segar.
Ilustrasi mencuci buah segar. (SHUTTERSTOCK)

Dr. Jovita sebelumnya memberikan tips agar tahan berpuasa adalah menyesuaikan dengan takaran komponen makanan yang seimbang yakni 50 sampai 60 persen karbohidrat, 15 sampai 20 persen protein dan 20 persen hingga 25 persen lemak.

“Makanan dengan karbohidrat kompleks dapat melepaskan energi secara perlahan selama puasa,” kata dr. Jovita.

Kemudian cukupi kebutuhan cairan dan zat besi saat sahur untuk dapat membantu distribusi oksigen tetap terjaga selama puasa, sehingga tubuh akan terasa lebih bugar, tidak mudah lemas dan mudah mengantuk.

Tips ketiga untuk mengurasi rasa haus, hindari gorengan dan hidangan yang banyak mengandung banyak garam dan penuhi cairan dua liter per harinya.

“Makanan yang digoreng akan memperlambat pengosongan lambung sehingga memicu naiknya asam lambung,” tutur dr. Jovita.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Sayur dan Buah-buahan Bantu Tuntaskan Puasa Tanpa Bolong-bolong,

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved