Breaking News:

Finansial

Syarat & Cara Mengajukan Keringanan Kredit Cicilan Rumah KPR Bank BTN, BRI dll

Seluruh debitur perbankan yang terdampak Covid-19 nilai kreditnya di bawah Rp 10 miliar bisa mengajukan dan mendapatkan keringanan kredit

Editor: Rahmadhani
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi KPR 

EDITOR : Rahmadhani

BANJARMASINPOST.CO.ID - Perbankan memberikan keringanan cicilan angsuran atau restrukturisasi kredit yang sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).saat pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Aturan kelonggaran kredit ini tertuang dalam Peraturan OJK (POJK) Nomor 11/POJK.03/2020 tentang tentang Stimulus Perekonomian Sebagai Kebijakan Countercyclical.

Singkatnya, seluruh debitur perbankan yang nilai kreditnya di bawah Rp 10 miliar diperkenankan untuk mengajukan dan mendapatkan keringanan kredit, apabila sumber pendapatannya terkena dampak penyebaran virus corona (Covid-19).

Nah, pelonggaran kredit ini rupanya juga berlaku untuk debitur kredit pemilikan rumah (KPR).

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, KPR juga termasuk ke dalam jenis kredit yang bisa direstrukturisasi, apabila debitur memang terdampak dari virus corona.

Daftar Bank dan Cara Ajukan Keringanan Kredit ke Leasing Adira, BAF, FIF dan WOM Finance

"Kalau (KPR) ini terimbas dari Covid-19 ini, baik langsung atau tidak langsung masuk lah (ke reskturisasi kredit)," kata dia dalam video conference, Minggu (5/4) lalu.

Pun, Kepala Eksekutif Perbankan OJK Heru Kristiyana juga membenarkan hal tersebut dan menegaskan bahwa restrukturisasi ini berlaku untuk seluruh kredit selama sesuai dengan penilaian debitur oleh tiap-tiap perbankan.

Memang, ada beberapa penilaian yang mesti dilakukan pihak bank kepada debitur yang berpotensi mendapat keringanan.

Setidaknya ada tiga poin, pertama prospek usaha debitur, profil risiko debitur dan riwayat ketepatan pembayaran.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved