BPost Cetak

Dua ODP Dikarantina, Huni Gedung BTIKP Kalsel di Banjarmasin

Dua ODP Kalsel kini menjalani karantinas. Keduanya menempati Gedung Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Provinsi Kalsel

BPost Cetak
BPost Edisi, Kamis (16/3/2020). 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Gedung Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Provinsi Kalsel di Jalan Perdagangan Kelurahan Kuin Utara Banjarmasin mulai digunakan sebagai tempat karantina Orang Dalam Pemantauan (ODP) kasus virus corona. Setidaknya sudah ada dua ODP di sana.

Mereka ditempatkan di gedung tersebut meski menunjukkan hasil non-reaktif atau negatif saat dilakukan tes cepat (rapid test) oleh Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan (GTPPP) Covid-19 Banjarmasin.

Gedung bercat biru ini disulap menjadi tempat karantina ODP oleh Pemko Banjarmasin sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

Penggunaan gedung sempat mendapat protes dari warga.

VIDEO Gedung BTIKP Kalsel Sebagai Fasilitas Karantina ODP di Banjarmasin

Kenali Pengertian ODP, OTG, PDP, Suspek dan Istilah Terkait Virus Corona Lainnya

Fakta Banyak Ibu Rumah Tangga Positif Corona di Indonesia, Penularannya Sulit Dilacak

Namun setelah berdialog dengan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina dan jajaran pimpinan daerah lainnya, warga akhirnya bersedia.

Juru Bicara GTPPP Covid-19 Banjarmasin, Machli Riyadi, mengatakan pihaknya memanfaatkan 72 kamar sebagai tempat isolasi.

Ruang tersebut diperuntukkan bagi orang yang baru tiba dari luar daerah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin ini menilai fasilitas yang tersedia di Gedung BTIKP Kalsel memenuhi kriteria fasilitas karantina.

Setiap kamar sudah ada tempat tidur, tempat mandi cuci kakus (MCK) serta jauh dari permukiman. “Dari sini ke permukiman sekitar 600 meter,” kata Machli.

Halaman
12
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved