Tajuk

THR Penawar Corona

Di saat wabah corona, kucuran THR dan gaji ke-13 bagi ASN tentu menjadi pengobat bagi dampak wabah Corona.

Shutterstock
Ilustrasi THR 

Editor: Didik Triomarsidi

BANJARMASINPOST.CO.ID - MEMASUKI Ramadan, biasanya ada luapan kegembiraan ASN terutama bagi yang muslim. Disamping bulan berkah ibadah, pada bulan ini pula biasanya ASN mendapat tunjangan hari raya (THR) plus disusul gaji ke-13.

Tahun lalu, setidaknya kegembiraan itu terasa melengkapi kebahagiaan menyemarakkan ibadah Ramadan dan perayaan Idulfitri.

Tapi gaung euforia itu tampaknya tak menggema di tahun ini. Dunia dan juga negeri ini sedang dilanda wabah dahsyat, pandemi Corona. Semua sedih dan terdampak. Dampaknya merambah seluruh lini kehidupan.

Presiden Joko Widodo bahkan secara resmi menetapkan wabah virus corona Covid-19 sebagai bencana nasional berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagai bencana nasional. Keppres itu diteken Jokowi pada Senin (13/4)

Pusat hingga daerah mau tidak mau harus membuat skema perubahan alokasi anggaran. Realokasi anggaran itu memprioritaskan penanganan dan pengendalian Covid-19 agar negeri ini cepat terpulihkan dari wabah dan dampak Covid-19.

Banjarmasin Post edisi Kamis (16/4/2020).
Banjarmasin Post edisi Kamis (16/4/2020). (Dok Banjarmasinpost.co.id)

Lalu, dampak saat ini yang paling terasa di masyarakat makin beratnya kondisi ekonomi. Terlebih ketika terjadi pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di deerah kabupaten kota, maka kondisi ekonomi masyarakat akan makin berat karena segala aktivitas termasuk aktivitas ekonomi dibatasi secara ketat.

Di saat seperti ini, kucuran THR dan gaji ke-13 bagi ASN tentu menjadi pengobat bagi dampak wabah Corona. Setidaknya, angin segar harpan berembus dari pemerintah pusat melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menegaskan pemerintah tetap akan memberikan THR dan gaji ke-3 bagi ASN golongan 1-3. Meski pun untuk golongan IV masih dalam pembahasan.

Ya, ada harapan bagi ASN mendapat penawar dampak Corona. Tapi bagaimana dengan nasib pegawai atau karyawan swasta? Harusnya ada komitmen dari perusahaan swasta peduli menyalurkan THR yang menjadi hak karyawannya. Meskipun ada skema penyesuaian melalui perundingan dengan para pihak terkait, itu mungkin masih dapat diterima ketimbang tidak ada sama sekali. (*)

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved