Fikrah

Amalan Ringan Pembuka Surga

Inilah amalan ringan yang apa bila benar0benar diamalkan insya Allah akan membawa kita ke surga

Kaltrabu
KH Husin Naparin 

Oleh : KH Husin Naparin Lc MA, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Selatan

Editor: Didik Triomarsidi

BANJARMASINPOST.CO.ID - AMAL seseorang tidaklah memasukkannya ke surga, dengan kata lain seseorang tidaklah masuk surga lantaran amalnya. Namun, Allah SWT memberikan sesesorang kemampuan untuk beramal, maka dengan amalnya itu Allah SWT masukkan orang itu ke surga.

Nabi SAW bersabda. “Arba’uuna khashlatan a’alaahaa manihatul-anzi. Maa min aamilin ya’malu bikhashlatin minhaa. Ada empat puluh amalan, (berdasarkan para muhadditsin Bukhari, Mulim dan lainnya. Berikut amalan itu yang menjadi pembuka pintu surta.

Yang tertinggi adalah meminjamkan kambing untuk diperah susunya. Tidaklah seseorang yang melakukan satu amalan di antara yang empat puluh ini dengan mengharapkan pahalanya dan membenarkan janji Allah untuknya melainkan Allah SWT akan memasukkannya ke surga.

Amalan menyingkirkan gangguan dari jalan umum. Nabi SAW bersabda, “Ra’aitu rajulan yataqallabu fil-jannati fii syajaratin qatha’ahaa min tzahrith-tariiqi kaanat tu’zdinn-naasa. Aku menyaksikan seorang laki-laki tidur-tiduran di surga, karena telah memotong sebatang pohon yang tumbuh mengganggu jalanan umum.”

Memberi minum hewan. Nabi SAW bercerita, ada seorang pengembara di padang pasir yang kehausan, tiba-tiba ia menemukan sebuah sumur. Iapun masuk ke dalamnya dan minum sepuasnya. Setelah ia keluar, ia melihat seekor anjing kehausan, ia iba. Iapun masuk kembali ke dalam sumur dan mengambil air dengan sebelah terompahnya. Air itu diminumkannya kepada si anjing. Allah SWT pun menerima amalnya dan dosa-dosanya diampunkan.

Menengok orang sakit dan mengunjungi saudara sesama muslim. ”Man aada maridhan au zaara akhan fillaahi naadaahu munadin an thibta wathaaba mamsyaaka watabawwa’ta manzilan fil jannah. Siapa yang menengok orang sakit dan mengunjungi saudaranya karena Allah, berserulah malaikat, Anda orang baik, langkah Anda langkah baik,dan Anda mendapatkan tempat di surga.

Banjarmasin Post edisi Jumat (17/4/2020).
Banjarmasin Post edisi Jumat (17/4/2020). (Dok Banjarmasinpost.co.id)

Kemudian, santunan kepada orang lain. Abu Dzar berkata, Rasulku menyuruhku menggulai untuk memperbanyak airnya dan memberikan kepada jiran-tetangga.

Al-amru bilma’ruf wa-nahyu anil-munkar. Menyuruh berbuat baik dan mencegah kemunkaran, bila tidak mampu hendaklah dengan hati pertanda tidak suka dengan kejahatan itu.

Berbuat baik kepada orang yang lemah akalnya. Nabi SAW ditanya bagaimana kalau ia tidak bisa berbuat amar makruf dan nahi munkar, beliau menjawab, hendaklah ia berbuat baik kepada orang yang lemah akalnya.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved