Wabah Virus Corona

Gejala-gejala Covid-19 Tak Cuma Demam & Batuk, Perhatikan Juga Ruam & Gatal

Masyarakat perlu hati-hati juga karena banyak juga penyadang positif Covid-19 yang tanpa gejala alias terlihat sehat, padahal mereka bisa menularkan

Shutterstock
Ilustrasi gatal. Masyarakat perlu hati-hati juga karena banyak juga penyadang positif Covid-19 yang tanpa gejala alias terlihat sehat, padahal mereka bisa menularkan virusnya pada orang lain. 

Editor: Rahmadhani
BANJARMASINPOST.CO.ID - Gejala-gejala seseorang terjangkit Virus Corona atau COvid-19 kini semakin beragam, tak lagi hanya demam dan batuk.

Bahkan kini sudah muncul kategori baru yakni orang tanpa gejala (OTG) Covid-19.

Di seluruh dunia, jumlah yang positif terjangkit virus corona sudah mencapai 2 juta lebih (data wordmeters.info 17 April 2020) , sementara jumlah yang korban tewas sudah ratusan ribu dan diperkirakan akan terus bertambah.

Virus corona ini  benar-benar baru, tak banyak yang kita ketahui tentangnya.

Setelah Lockdown Wuhan Dicabut, Korban Meninggal Naik 50 Persen Jadi 3.869

Peneliti Israel Sebut Vaksin Oral Virus Corona Sudah Siap Beberapa Minggu ke Depan

Gejala yang dialami pengidapnya asaja bisa bervariasi. Mulai dari demam hingga batuk-batuk.

Menurut WHO gejala yang paling sering dilaporkan, termasuk demam, batuk kering, sesak napas, dan sebagian besar pasien (80%) mengalami mild symptoms/illness, alias gejala atau penyakit ringan. Meski sebagian besar kasusnya ringan, tetapi dapat berakibat fatal.

Masih data dari WHO, sekitar 14% mengalami penyakit parah, dan 5%  sakit kritis.

Laporan WHO menunjukkan bahwa keparahan penyakit dikaitkan dengan usia (> 60 tahun) dan penyakit komorbid atau mengidap penyakit kronis. Contohnya, penyakit jantung, paru-paru, atau gagal ginjal.

Kondisi ini tentu memerlukan perawatan medis segera di rumah sakit, tak sekadar karantina mandiri di rumah. Singkat kata, perlu di rawat di rumah sakit, bukannya di rumah.

Perlu dicatat bahwa gejala virus corona beragam meskipun awalnya WHO mengatakan gejala penyakit ini boleh dibilang hampir serupa dengan flu, tapi ternyata semakin ke sini, banyak gejala lain yang diperlihatkan.

Halaman
12
Editor: Rahmadhani
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved