Breaking News:

Bumi Murakata

Pemkab HST Rasionalisasi 50 Persen APBD untuk Penanganan Covid-19

Bupati HST mendorong seluruh organisasi perangkat daerah segera melakukan penyesuaian anggaran.

Penulis: Eka Pertiwi | Editor: Alpri Widianjono
PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PEMKAB HULU SUNGAI TENGAH
Suasana rapat koordinasi tentang Rasionalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020 untuk penanganan pandemi virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). 

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan,  mengadakan Rapat Koordinasi tentang Rasionalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2020  untuk penanganan pandemi virus Corona  (covid-19) di HST.

Pembahasan rasionalisasi anggaran ini dilakukan di Auditorium Kantor Bupati HST.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) HST, Teddy Taufani, membeberkan anggaran  yang sudah dikucurkan untuk penanganan Covid-19 dari Belanja Tidak Terduga (BTT)  hingga 17 April 2020 sebesar Rp 22 miliar.

Rinciannya, dana pencegahan sebesar Rp 15,9 miliar dan dampak ekonomi sebesar Rp 6,1 miliar.

Sebelum dikeluarkan SKB (Surat Keputusan Bersama) Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri, menurutnya, Pemkab HST sudah mengupayakan realokasi dan refocusing anggaran belanja.

Simulasi penyesuaian pendapatan dan rasionalisasi belanja berdasarkan SKB Mendagri dan Menkeu, penyesuaian pendapatan dari dana perimbangan berdasarkan PMK Nomor 35/PMK.07/2020 sebesar Rp 92,4 miliar.

Suasana rapat koordinasi tentang Rasionalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2020.
Suasana rapat koordinasi tentang Rasionalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2020. (PROTOKOL DAN KOMUNIKASI PEMKAB HULU SUNGAI TENGAH)

Sedangkan dari PAD berkurang Rp 12,2 miliar. Sedangkan dari lain-lain pendapatan daerah yang sah berkurang Rp 14,9 miliar.

Bupati HST, H A Chairansyah, membeberkan Keputusan Bersama Menkeu dan Mendagri dengan Nomor 119/2813/SJ dan Nomor 177/KMK.07/2020 tentang Percepatan Penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah pada 2020 Dalam Rangka Penanganan Covid-19, serta Pengamanan Daya Beli Masyarakat dan Perekonomian Nasional.

Selain itu, upaya lainnya dengan realokasi dan efisiensi belanja sesuai arahan SKB tersebut, yakni pada belanja modal, belanja barang, belanja jasa dan lain sebagainya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved