Ramadhan 2020

7 Cara Hindari Asam Lambung Saat Jalani Puasa di Ramadhan 2020 atau Ramadhan 1441 H

Ini 7 Cara Hindari Asam Lambung Saat Jalani Puasa di Ramadhan 2020 atau Ramadhan 1441 H

SHUTTERSTOCK
Nyeri perut hingga diare setelah makan daging? Minum obat sakit perut yang efektif atasi diare dengan cepat. 

Editor: Rendy Nicko
BANJARMASINPOST.CO.ID - Pernahkah anda mengalami rasa sesak dan terbakar di dada? Bisa jadi anda mengalami asam lambung.

Kondisi ini terjadi karena otot katup bawah esofagus yang melemah dan mengalami pengenduran saat seharusnya menutup. Tak menutup kemungkinan hal ini terjadi saat menjalani puasa Ramdhan 2020 atau Ramadhan 1441 H.

Esofagus adalah bagian saluran pencernaan berbentuk tabung yang berfungsi mengantarkan makanan yang masuk lewat mulut menuju lambung.

Asam lambung naik atau refluks esofageal merupakan kondisi yang sering ditakutkan terjadi saat puasa.

Produksi asam lambung yang terlalu banyak juga mampu menyebabkan asam lambung naik. Jika terjadi asam lambung naik berulang kali (lebih dari dua kali dalam seminggu), maka anda mungkin memiliki penyakit refluks asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

Keluhan yang dapat dirasakan berupa panas atau rasa terbakar di dada atau tenggorokan. Kadang, asam lambung yang naik juga bisa terjadi tanpa rasa terbakar.

Gejala lainnya yang umumnya muncul berupa batuk kering, gejala asma, atau kesulitan menelan makanan. Hal ini tentu sangat mengganggu dalam menjalankan ibadah puasa.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah asam lambung naik saat berpuasa, di antaranya dengan:

1. Membatasi konsumsi makanan yang bersifat asam dan pedas

Makanan bersifat asam, seperti anggur, jeruk, tomat, dan cuka, dapat merangsang terjadinya peningkatan produksi asam lambung. Begitu juga dengan cabai dan lada. Penggunaan keduanya dalam makanan sebaiknya dikurangi.

2. Hindari makanan dan minuman yang menyebabkan relaksasi otot katup esofagus bawah

Mengurangi konsumsi berlemak tinggi dan berminyak penting untuk mencegah asam lambung naik selama puasa. Contoh makanan yang sebaiknya dihindari, yaitu kentang goreng, burger, produk dairy seperti susu dan yogurt, coklat, serta mint.

Halaman
123
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved