BPost Cetak

Pebisnis Boleh Naik Pesawat, Tapi Syaratnya Harus Begini

Ada permintaan dari kalangan pebisnis agar tetap boleh menggunakan pesawat ditengah pandemi covid-19

BPost Cetak
BPost Edisi, Selasa (28/4/2020). 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Sudah hampir lima hari, pemerintah memberhentikan penerbangan dalam dan luar negeri untuk mencegah masyarakat mudik.

Namun, ternyata ada permintaan dari kalangan pebisnis agar tetap boleh menggunakan pesawat.

”Tadi ada catatan pebisnis dibolehkan naik pesawat. Saya bilang monggo, tapi protokol kesehatannya harus ketat,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam konferensi persnya secara virtual, Senin (27/4/2020).

Budi Karya menyampaikan hal tersebut seusai mengikuti rapat terbatas internal terkait penanganan Covid-19 yang dipimpin Presiden Joko Widodo juga melalui fasilitas konferensi via video.

Sejumlah Maskapai Ajukan Extra Flight Penerbangan Kargo Gara-gara Dilarang Angkut Penumpang

VIDEO Cerita Sedih Porter Bandara Syamsudin Noor Jadi Pengangguran Saat Penerbangan Disetop

Kisah Satu Keluarga di Kota Banjarbaru Positif Virus Corona, Gugus Tugas Covid-19 : Bayi 1,6 Tahun

Kemunculan Budi Karya dalam rapat tersebut adalah yang pertama sejak pertengahan Maret 2020 dinyatakan positif Covid-19. Budi Karya masih menjalani isolasi mandiri di rumah hingga 5 Mei 2020.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengeluarkan Peraturan Menteri Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idulfitri 1441 H Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Permenhub diteken Menhub Ad Interim Luhut Pandjaitan yang sempat menggantikan Budi untuk sementara waktu.

Ruang lingkup dari peraturan tersebut adalah larangan sementara penggunaan sarana transportasi umum, baik untuk transportasi darat, laut, udara, dan kereta api, serta kendaraan pribadi dan sepeda motor, dengan tujuan keluar dan atau masuk wilayah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), wilayah zona merah penyebaran Covid-19, dan Jabodetabek atau wilayah aglomerasi lainnya yang telah ditetapkan PSBB.

Dengan Permenhub itu penerbangan dalam negeri dan internasional baik berjadwal maupun sewa pada 24 April-1 Juni 2020 dihentikan, kecuali penerbangan logistik dan kargo.

Halaman
12
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved