Ekonomi Bisnis

Pemberlakuan PSBB Banjarmasin, Tak Cuma Pasar Sepi Pembeli, Stok Ikan Laut Juga Ikut-ikutan Sepi

Stok ikan 50 ton biasanya dua hari habis terjual, kini waktu penjualannya lebih lama hingga seminggu karena pengaruh pemberlakuan PSBB

banjarmasinpost.co.id/danti ayu
Dermaga Banjar Raya Banjarmasin ditutup selama PSBB diberlakukan di Banjarmasin. 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Selain Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), cuaca di laut juga memberikan pengaruh terhadap ketersediaan ikan untuk aktivitas jual beli di Tempat Pelelangan Ikan Banjar Raya selama Bulan Ramadan.

Cuaca yang sudah mulai memasuki musim pancaroba mengakibatkan arus dan gelombang di laut tidak stabil sehingga tangkapan ikan pun mengalami penurunan.

Ardi, pemilik kapal ikan yang biasa mendistribusikan ikan di Tempat Pelelangan Pasar Ikan Banjar Raya menuturkan hasil tangkapannya menurun hingga 50 persen

"Jadi selama manusia PSBB ikan-ikan itu seperti ikut PSBB juga, karena faktor musim mulai masuk pancaroba dilautnya jadi arus, gelombang, dan cuaca itu berpengaruh.

Stok ikan dilautnya kurang kalau musim-musim seperti ini, sebelumnya sehari tangkapan ikan bisa 10 sampai 15 ton tapi sekarang paling lima sampai enam ton," ujar Ardi pada Rabu, (29/4/2020).

Penumpang di Terminal Pal 6 Menurun Drastis, Masyarakat Daerah Mengira PSBB Sama dengan Lockdown

Bukan Berkelahi dengan Teman, Begini Kronologis Korban Tewas di Kabupaten HST

Update Jadwal Piala Thomas & Uber 2020 pasca penundaan gegara Virus Corona

Kalsel dan Banjarmasin Masih Tunggu Data Pendaftar Pra Kerja dari Pusat

Selain berkurangnya jumlah tangkapan ikan, jumlah pembeli dan wilayah pendistribusian ikan yang dibatasi juga memberikan pengaruh terhadap pemasaran ikan hasil tangkapan para nelayan di tempat tersebut.

Pasokan ikan ke beberapa daerah harus dibatasi berkaitan dengan dilaksanakannya PSBB sehingga mengakibatkan menurunnya jumlah pembeli yang datang dari luar daerah Banjarmasin.

"Masalahnya orang yang biasa kirim ke Pangkalanbun pokonya kemana-mana kan wilayahnya dibatasi, jadi pengiriman sementara cuma bisa didaerah lokal sekitaran Banjarmasin itu pun gak seberapa," imbuhnya.

Hal tersebut mengakibatkan turunnya harga ikan dari hasil tangkapan kapal Ardi sebanyak 25% sampai 30%.

Halaman
12
Penulis: Danti Ayu Sekarini
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved