Breaking News:

Berita Regional

KKP Tangkap 3 Pelaku Pengeboman Ikan di Sulut, Pelaku Coba Kelabui Aparat

Tiga pelaku pengeboman ikan di wilayah perairan sebelah Timur Pulau Kumeke, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara disergap KKP

Editor: Hari Widodo
KKP Tangkap 3 Pelaku Pengeboman Ikan di Sulut, Pelaku Coba Kelabui Aparat
sindonews.com
ilustrasi kapal pengebom ikan

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Pelaku penangkapan ikan yang merusak (destructive fishing) di Sulawesi Utara ditangkap petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada Kamis (30/4/2020) lalu.

Tiga pelaku pengeboman ikan di wilayah perairan sebelah Timur Pulau Kumeke, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara disergap KKP melalui Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Ditjen PSDKP).

"Penangkapan ikan menggunakan bom tetap tidak dapat dibenarkan dengan alasan apapun karena selain sangat merusak sumber daya ikan dan lingkungannya perilaku ini juga sudah sangat sering mencelakai pelakunya sendiri," ujar Direktur Jenderal PSDKP Tb Haeru Rahayu dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/5/2020).

Lebih lanjut Haeru menjelaskan, ketiga nelayan tersebut diamankan oleh Polsus PWP3K dan Pengawas Perikanan yang didukung oleh Kapal Pengawas Perikanan Hiu 02.

Kapal Pengebom Ikan Ditangkap

Cegah Corona Masuk, Kepala KKP Banjarmasin : Crew Kapal Dilarang Turun

Sebut Ada 16 Kapal Cina Masuk ke Kotabaru, KKP Lakukan Ini Terhadap Kapal Berikut Penumpangnya

Turut pula diamankan beberapa barang bukti diantaranya ikan hasil pengeboman, dua botol bom ikan, perahu motor tempel, kompresor, kaca mata selam dan satu unit jaring.

Para pelaku juga disebut berupaya mengelabui para petugas.

“Dari barang bukti yang ditemukan, tampak sekali bahwa pelaku berusaha mengelabui aparat kami. Mereka membawa jaring dan menyembunyikan perlengkapan seperti bom ikan,"ungkapnya.

Namun, berkat kecermatan dan kesigapan pengawas di lapangan, para pelaku tersebut tidak dapat mengelak saat ditangkap dengan barang bukti bom ikan tersebut..

KKP memastikan proses hukum akan berjalan sebagaimana ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

KKP tidak akan memberikan toleransi terhadap pelaku pengeboman ikan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved