BPost Cetak

Jadi Klaster Baru di Kalsel, Gugus Tugas Covid-19 Tracking Pasar Antasari

Jubir GTPP Covid-19 Kalsel, HM Muslim, kemarin, mengakui ada klaster baru di daerah ini khususnya Banjarmasin yakni Antasari

BPost Cetak
BPst Edisi Selasa (5/5/2020). Klaster Baru Covid-19 di Pasar Antasari. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sebuah mobil Puskesmas Keliling Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin berhenti di kawasan parkir bagian dalam pusat perbelanjaan Sentra Antasari, Senin (4/5/2020).

Setelah melakukan persiapan, petugas memanggil sejumlah orang yang ada di pasar tersebut. Tiga petugas yang mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) termasuk baju hazmat kemudian melakukan rapid test virus corona.

Satu persatu orang yang diketahui berkontak erat dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan orang yang terkonfirmasi mengidap Covid-19 dari pasar induk tersebut termasuk petugas parkir diambil sampel darahnya. Selanjutnya sampel dimasukkan ke alat tes cepat.

“Dari 45 orang yang diperiksa, didapati tiga orang menunjukkan hasil reaktif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Banjarmasin, Machli Riyadi, yang memimpin kegiatan tersebut.

Gelar Rapid Tes di Pasar Antasari Banjarmasin, Gugus Tugas Covid-19 Dapati 3 Reaktif

Ditinggal Suami Beli Rokok, Istri Meninggal di Pasar Antasari Banjarmasin

PSBB Mulai Diberlakukan, Begini Kondisi Keluhan Pedagang Sayur Pasar Antasari

Kadinkes Banjarmasin tersebut menegaskan hasil reaktif pada rapid test tidak dapat menyimpulkan bahwa yang bersangkutan positif Covid-19.

Perlu dilakukan pemeriksaan swab atau cairan hidung dengan menggunakan metode PCR untuk memastikan apakah mengidap Covid-19 atau tidak.

Tiga orang dengan hasil reaktif tersebut kemudian diminta untuk melakukan isolasi diri secara mandiri.

Jika tidak memungkinkan, GTPP Covid-19 Banjarmasin akan menempatkan mereka di fasilitas karantina khusus.

Machli mengungkapkan rapid test di Pasar Antasari dilakukan untuk mengetahui seberapa luas penyebaran Covid-19 di sana. Hal ini karena ada tiga PDP dan dua pengidap corona yang terkait Pasar Antasari.

Halaman
12
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved