Ekonomi dan Bisnis

Penerbangan Komersil Diizinkan Beroperasi, Maskapai di Banjarmasin Masih Fokus Cargo

Dihari pertama diijinkannya kembali penerbangan komersil, belum terlihat aktivitas angkutan penumpang maskapai di banjarmasin

Istimewa/Sriwijaya Air Banjarmasin.
Penerbangan cargo Sriwijaya Air. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan memberlakukan kebijakan seluruh moda transportasi kembali beroperasi, termasuk penerbangan komersil.

Seluruh maskapai diperbolehkan melakukan penerbangan komersil, namun tetap mengacu pada Permenhub Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dan Surat Edaran dari Menko Perekonomian, dengan menaati protokol kesehatan yang berlaku.

Adanya pelonggaran tersebut, Sales & Services Manager Garuda Indonesia Branch Office Banjarmasin, Tomy Chrisbiantoko mengatakan pihaknya saat ini belum menerima reservasi penumpang.

"Rute dari Banjarmasin hanya ada dua yakni ke Balikpapan dan Jakarta. Rute Banjarmasin-Balikpapan belum ada permintaan, pun juga destinasi Jakarta, saat ini hanya ada penerbangan cargo," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id, Kamis (7/5/2020).

VIDEO Bandara Internasional Syamsudin Noor Tetap Sepi Penumpang

Penerbangan Komersil Disetop Sementara, Calon Penumpang dari Banjarmasin Pilih Refund Tiket

Kantongi Izin Khusus Kemenhub, Lion Air Layani Penerbangan Domestik Lagi, Ini Syarat-syaratnya

Apabila ada perminataan penumpang, dikatakannya, Garuda Indonesia menerapkan prosedur penerimaan dan screening penumpang yang sangat ketat untuk layanan penerbangan yang dioperasikan.

Misalnya, melalui pemberlakuan ketentuan penyertaan surat keterangan sehat dan negatif Covid-19 dari rumah sakit.

Penumpang dengan tujuan perjalanan dinas harus dibuktikan dengan menunjukkan kartu identitas kantor dan surat tugas dari kantor, penyertaan surat pernyataan tidak mudik atau surat keterangan tertulis alasan melakukan perjalanan.

Selain itu, penumpang wajib memenuhi kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan sesuai ketentuan protokol kesehatan yang berlaku.

Senada, Stasion Manager Sriwijaya Air Banjarmasin, Maratan Alfian Noor menuturkan, pihaknya saat ini masih fokus pada penerbangan cargo.

"Untuk reservasi penumpang masih belum dibuka. Kalau banyak permintaan yang masuk kami akan operasikan," ujarnya.

Diakuinya, pada hari ini ada satu kali penerbangan cargo menuju dua destinasi yakni masing-masing ke Surabaya dan Makassar.

VIDEO Cerita Sedih Porter Bandara Syamsudin Noor Jadi Pengangguran Saat Penerbangan Disetop

Penerbangan Dihentikan Sementara, Begini Suasana di Bandara Warukin

Dalam kondisi normal, permintaan penerbangan komersil dikatakanya jauh lebih banyak dari penerbangan cargo. Perbandingannya 70 persen banding 30 persen.

Sedangkan saat pandemi sekarang ini situasinya berbalik, maskapai rata-rata cenderung hanya operasikan penerbangan cargo. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved