Breaking News:

Berita HSU

Petani Desa Telaga Silaba HSU Optimistis Panen Lebih Baik Setelah Ada Bantuan ini dari Penyuluh

Bantuan ini diharapkan sebagai upaya dalam pengendalian hama tikus baik yang sedang dalam masa tanam saat ini atau untuk saat musim kemarau nantinya.

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Bantuan ini diharapkan sebagai upaya dalam pengendalian hama tikus baik yang sedang dalam masa tanam saat ini atau untuk saat musim kemarau nantinya. 

Editor: Eka Dinayantia

BANJARMAISNPOST.CO.ID, AMUNTAI - Warga Desa Telaga Silaba mendapat bantuan berupa obat racun tikus sebagai upaya dalam penanggulangan adanya serangan hama tikus.

Bantuan ini diharapkan sebagai upaya dalam pengendalian hama tikus baik yang sedang dalam masa tanam saat ini atau untuk saat musim kemarau nantinya.

Hayati, salahsatu petani Desa Telaga Silaba mengatakan dirinya sangat berterimakasih dengan adanya bantuan yang diberikan.

Racun tikus ini nantinya akan digunakan untuk mempersiapkan tanam di lahan yang lebih luas dari masa tanam saat ini di musim penghujan.

Sentilan Ernest Prakasa Soal Roy Kiyoshi Ditangkap Karena Narkoba, Apakah Dia Tidak Meramalkan?

Ambyarnya Cewek Bule Amerika Ini Tahu Didi Kempot Meninggal, Ngaku Kagumi Sosok Suami Yan Vellia

VIRAL Video Detik-detik Penangkapan Youtuber Ferdian Paleka, Polisi: Diem Kamu! Turun Kamu!

“Lahan tanam di musim penghujan saat ini tidak terlalu luas yaitu sekitar delapan borongan, dan air juga sudah mulai naik sehingga banyak tikus yang menyerang, dengan adanya bantuan racun tikus ini diharapkan bisa memperbaiki hasil panen pada tanam selanjutnya dan sebagian juga digunakan untuk lahan tanam saat ini,” ujarnya.

Kepala Desa Telaga Silaba Muhammad Rizali Hadi mengatakan dirinya sangat berterimakasih dengan penyuluh yang telah membantu petani dalam memberikan sosialisasi dan penyuluhan dalam perawatan padi.
“Penyuluh memberikan informasi untuk petani juga memberikan bantuan langsung salahsatunya adalah bantuan racun tikus,” ujarnya.

Rizali berharap terus ada bantuan dan bimbingan kepada seluruh petani yang ada di Desa Telaga Silaba.

“Dengan demikian diharapkan hasil panen kedepan semakin baik kualitasnya, sehingga petani juga mendapatkan keuntungan yang lebih banyak,” ujarnya.

Penyuluh Pertanian Desa Telaga Silaba Purna Kusumayana mengatakan bantauan yang diberikan berupa racun tikus untuk pengendalian pra tanam antisipasi serangan organisme pengganggu tanaman musim kemarau.

Pemberian bantuan racun tikus di tingkat kabupaten oleh Dinas Pertanian jika tidak mencukupi bahan pengendalian bisa minta bantuan ke Brigade proteksi II Sei Raya wilayah Banua 6 di Lab. LPHP Sei Raya di Kandangan untuk mendapatkan pestisida pengendali hama dan penyakit berdasarkan rekomendasi dari POPT setempat.

Bantuan sarana pengendali berupa racun ratgon untuk mengendalikan tikus yang saat ini menyerang tanaman padi petani Desa Telaga Silaba.

“Semoga dengan adanya bantuan ini bisa mengurangi populasi organisme pengganggu tananman, Pemberian bantuan racun tikus merupakan tindak lanjut dari maraknya hama tikus di areal sawah baru-baru ini di desa Telaga Silaba dan pengendalian pada musim tanam yang akan datang,” ujarnya.

Petani diharapkan juga aktif dalam melakukan pengendalian hama, dan dari penyuluh membantu taknik dan sarana pengendali. Saat ini juga dilakukann konsep Pengelolaan Hama Terpadu (PHT) yang diterapkan oleh penyuluh.

Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved