Ekonomi dan Bisnis

Start Up Hotel Airy Rooms Gulung Tikar, Hentikan Kerja Sama Kemitraan Mulai 31 Mei 2020

Bisnis perhotelan mulai rontok. Startup hotel yang berafiliasi dengan Traveloka yaitu Airy Rooms menutup bisnisnya secara permanen.

Dok. Airy Rooms
Kartu hotel Airy Rooms. Start Up Hotel Airy Rooms Gulung Tikar, Hentikan Kerja Sama Kemitraan Mulai 31 Mei 2020 

Editor: Anjar Wulandari
BANJARMASINPOST.CO.ID -Dampak pandemi Covid-19 telah membuat bisnis perhotelan mulai rontok. Startup hotel yang berafiliasi dengan Traveloka yaitu Airy Rooms menutup bisnisnya secara permanen diakibatkan oleh pandemi Covid-19.

Mengutip dari DealStreetAsia, Jumat (8/5/2020), Airy menghentikan operasi bisnisnya dalam waktu kurang dari sebulan dan telah memberitahukan para mitra propertinya untuk menghentikan kemitraan yang akan berlaku mulai tanggal 31 Mei 2020.

Kemnaker Terbitkan SE THR, Apindo Kalsel: Pengusaha Bisa Cicil dan Tunda THR

Baru Muncul, Kim Jong Un Kirim Pesan Verbal ke Presiden China Xi Jinping Terkait Virus Corona

"Kami memutuskan untuk menghentikan kegiatan operasional karena wabah Covid-19 dan kami telah melakukan upaya terbaik bagi kami untuk mengatasi dampak dari bencana nasional ini. Namun karena penurunan yang signifikan dalam bisnis serta berkurangnya jumlah sumber daya manusia yang kami miliki, kami telah memutuskan untuk menghentikan aktivitas bisnis kami secara permanen," tulis Airy Rooms dalam salah satu dokumen miliknya mengutip dari DealStreetAsia.

Ilustrasi Airy Rooms
Ilustrasi Airy Rooms (ISTIMEWA)

Kini Airy Rooms menjadi startup kedua yang menutup operasinya dalam waktu kurang dari dua minggu setelah STOQO yang juga dikabarkan telah tidak beroperasi.

Keputusan untuk sepenuhnya menutup operasinya dilakukan Airy Rooms setelah melakukan pemecatan lebih dari 70 persen stafnya pada bulan April yang lalu.

Sebelumnya perlu diketahui Airy Rooms telah melakukan kerja sama dengan Traveloka sejak tahun 2015 ketika startup hotel murah banyak didirikan.

Didirikan oleh dua mantan insinyur Traveloka, Airy Rooms dibentuk untuk menjembatani kesenjangan dalam industri hotel di Indonesia.

Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar Bersama Polres Bagikan Masker

Selama empat tahun terakhir perusahaan Traveloka telah membuat langkah secara diam-diam untuk membuat pasar dan bekerja sama dengan pemilik hotel murah untuk mengubah properti mereka dan meningkatkan bisnisnya.

Tahun ini Airy mulai lebih fokus pada profitabilitas sama seperti perusahaan baru lainnya dengan mengeluarkan biaya terbaiknya untuk mendapatkan pelanggannya.

Lalu pada bulan Januari lalu, Airy Rooms telah resmi mengangkat Alfonso Kodoatie mantan eksekutif Traveloka untuk menggantikan Co-Founder Airy Rooms sebelumnya yaitu Danny Handoko. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Airy Rooms Gulung Tikar, Ini Penyebabnya"

Editor: Anjar Wulandari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved