Bumi Sanggam

Bupati Balangan Serahkan BLT Kemensos pada KPM

Penyaluran dana BLT Kemensos secara simbolis dilakukan Bupati Balangan kepada warga terdampak Covid-19.

HUMPRO BALANGAN UNTUK BPOST GROUP
Bupati Balangan, Ansharuddin menyerahkan BLT dari Kemensos kepada KPM terdampak Covid-19, Senin (11/5/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Wabah virus corona atau Covid-19 tidak saja membawa risiko bagi kesehatan masyarakat,  namun juga secara nyata mengganggu aktivitas dan dianggap membawa implikasi bagi perekonomian.

Terhadap kejadian bencana nonalam tersebut, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, pun melakukan upaya agar masyarakat terlindungi. Khususnya, tidak tertular dan terdampak secara ekonomi.

Semuanya dituangkan dalam Peraturan Bupati Balangan  Nomor 188.45/497/kum Tahun 2020.

Sebagai upaya melakukan perbaikan atas kondisi penurunan pertumbuhan ekonomi tersebut, pemerintah mengambil kebijakan memberikan jaring pengaman sosial dengan memanfaatkan dana pusat sampai desa, berupa Bantuan Sosial Tunai (BST).

Nilai bantuan Rp 600.000 untuk tiga bulan, Kementerian Sosial memberikan kuota sebanyak 3.888 Kepala Keluarga (KK) dari DTKS dan 3487 nonDTKS.

Kekurangan dari dana BLT Kemensos ini, akan ditutupi oleh BLT dana desa.

Selanjutnya, penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BNT) tersebut dilakukan melalui Bank BNI, Bank BRI dan Kantor Pos. 

Adapun jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui Bank BNI sebanyak 297 KK, Bank BRI sebanyak 290 KK dan sisanya di Kantor Pos sebanyak 5366 KK.

Penyaluran dana BLT Kemensos secara simbolis dilakukan oleh Bupati Balangan, Ansharuddin, Senin (11/5/2020) , berlangsung di Bank BNI Cabang Paringin.

Alhamdulillah, banyak bantuan baik dari pemerintah pusat maupun daerah sendiri. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan kebaikan bagi kita semua,” harap Anshar. 

Lebih lanjut, Kepala Cabang BNI Barabai, Ali Sulaiman, merasa bangga karena BNI telah dipercaya untuk tempat penyaluran bantuan kepada masyarakat. 

"Tentunya, kami berharap, dana yang disalurkan dapat dimanfaatkan secara baik pada masa pandemi Covid 19 ini," ucap Ali. 

Setiap KK penerima manfaat disampaikan Ali akan menerima dana Rp 600.000 dalam rekening mereka.

Setiap bulan, dalam tiga bulan, akan disalurkan dan bantuan tersebut berupa tabungan. (aol/*)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved