Berita Tanahbumbu

Bantuan Langsung Tunai di Tanahbumbu Mulai Disalurkan, Kades Nakal Terancam Sanksi

Sebanyak 59 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Saring Sungai Binjai Kecamatan Kusan Hilir Tanahbumbu menjadi penerima pertama BLT Dana Desa

Diskominfo Kabupaten Tanahbumbu
Penyaluran BLT Dana Desa di Desa Saring Sungai Binjai Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanahbumbu. 

Editor: Anjar Wulandari

BANJARMASINpost.CO.ID, BATULICIN - Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa tahap pertama dari pemerintah sudah mulai dicairkan dan dibagikan kepada para penerima hak.

Sebanyak 59 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Saring Sungai Binjai Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanahbumbu menjadi penerima pertama pencairan BLT Dana Desa. Masing-masing nilainya sebesar Rp 600 ribu secara tunai.

Penyerahan BLT Desa secara simbolis dilakukan oleh Bupati Tanahbumbu, H Sudian Noor kepada perwakilan warga yang terdampak pandemi Covid-19, Selasa (5/5) lalu bertempat di Desa Saring Sungai Binjai.

Pelaksanaan Tes Masuk Uniska Tunggu Perkembangan Wabah Covid-19, Ada 2.000 Mahasiswa Baru Mendaftar

Begini Imbauan Kemenag Banjarmasin Soal Penyerahan Zakat Fitrah 1441 H, Simak Pula Penghitungannya

Bantuan selanjutnya diserahkan secara door to door ke penerima untuk menghindari antrean panjang. Hal ini juga sebagai upaya physical distancing.

Penyaluran BLT Desa dimaksudkan sebagai upaya mengurangi dampak ekonomi akibat adanya pandemi Covid-19.

Kepala KPPN Kotabaru, Ahmad Bermadi, sangat mengapresiasi penyaluran BLT Desa Tahap I oleh Desa Saring Sungai Binjai, dan merupakan salah satu yang tercepat di Tanahbumbu, bahkan di Kalimantan Selatan.

Hingga Jumat (15/5), menurut data KPPN Kotabaru, sudah empat desa di Tanbu yang sudah menyalurkan BLT Desa tahap I.

Selain Desa Saring Sungai Binjai, BLT Desa juga sudah disalurkan untuk 56 KPM di Desa Binawara, 47 KPM di Desa Al Kautsar, dan 37 KPM di DesaTegal Sari, sehingga total tersalurkan sebesar Rp 119.400.000.

Diharapkan dengan tersalurkannya BLT Desa tahap I ini, dapat diikuti oleh desa-desa lain di Kabupaten Tanahbumbu dan Kabupaten Kotabaru, agar masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 ini dapat memanfaatkan BLT untuk meringankan beban ekonomi keluarga.

JAWABAN Soal SMP dan SMA Sabtu 16 Mei 2020 Materi Belajar dari Rumah TVRI Tak Ada

KPPN Kotabaru senantiasa bersinergi dengan Pemda Kabupaten Tanahbumbu, dalam hal ini Badan Pengelola Keuangandan Aset Daerah (BPKAD) serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), agar desa-desa yang sudah menerima Dana DesaTahap II dapat segera menyalurkan BLT Desa, serta melengkapi laporan penyalurannya secara berjenjang melalui DPMD untuk menjaga sisi akuntanbilitasnya.

Tidak hanya itu, dia juga menambahkan bahwa ada sanksi kepada desa yang tidak menyalurkan BLT Dana Desa berupa penghentian penyaluran Dana Desa Tahap III.

Sebab itu, masing-masing desa agar bersinergi agar BLT Dana Desa ini dapat disalurkan kepada warganya yang berhak.

"Mari kita tingkatkan sinergitas agar masyarakat terdampak wabah Covid-19 dapat segera merasakan manfaat dari BLT Desa, sekaligus kita jaga sisi akuntabilitasnya dengan menyampaikan laporan secara tepata turan,” pungkasnya. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Anjar Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved