UTD PMI Kota Banjarmasin 

VIDEO: Canggihnya Pengelolaan Darah di UTD PMI Kota Banjarmasin 

UTD PMI Kota Banjarmasin menjadi fasilitas utama pengolahan dan penyedia darah tak hanya bagi Kota Banjarmasin tapi juga beberapa daerah di sekitarnya

Editor: Royan Naimi
BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin berlokasi di Jalan S Parman, Kota Banjarmasin.

UTD PMI Kota Banjarmasin menjadi fasilitas utama pengolahan dan penyedia darah tak hanya bagi Kota Banjarmasin tapi juga beberapa daerah di sekitarnya.

Dikepalai dr Aulia Ramadhan Supit, UTD PMI Kota Banjarmasin bisa mengolah ratusan kantung darah dalam sehari dan mencukupi kebutuhan darah di Kota Banjarmasin 150 kantung sehari.

Namun selama pandemi, UTD PMI Kota Banjarmasin hanya bisa mengolah darah sesuai jumlah pendonor yang masih aktif mendonorkan darahnya di tengah masa pandemi saat ini.

Kalselpedia: UTD PMI Kota Banjarmasin Pengolahan dan Penyedia Darah

"Memang sempat cukup menurun selama pandemi ini, karena banyak dibatalkan agenda donor massal di instansi-instansi dan perkantoran," kata dr Aulia.

Menjadi tulang punggung penyedia darah di Kota Banjarmasin dan sekitarnya, UTD PMI Kota Banjarmasin terus membenahi diri.

Alat dan fasilitas di UTD PMI Kota Banjarmasin pun terus ditingkatkan.

Salah satunya yaitu pada proses penyaringan darah, dimana di UTD PMI Kota Banjarmasin sudah menggunakan metode chemiluminescence immunoassay (CLIA).

Dijelaskan Kepala UTD PMI Kota Banjarmasin, dr Aulia Ramadhan Supit, metode ini adalah metode paling baik dibanding metode penyaringan darah lainnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)  

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved