Berita HST

Dua Orang Diputus Kontrak, 100 Pencari Kerja se-Banua Enam Lolos Masuk Program Pra Kerja

Para pencari kerja melalui link prakerja.go.id sudah selesai tahap tiga. Tercatat 100 orang lolos mendapat kartu pra kerja 2020 se-Banua Enam, Kalsel.

instagram.com/prakerja.go.id
Inilah panduan swafoto dengan memegang KTP untuk mendaftar Kartu Pra Kerja. 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Para pencari kerja melalui link prakerja.go.id sudah selesai tahap tiga. Tercatat 100 orang lolos mendapat kartu pra kerja 2020. Namun, jumlah itu untuk se Banua Enam.

Kepala Dinas Penanaman Modal Satu Pintu dan Tenaga Kerja HST, Jamhasari, membeberkan karena yang mendaftar langsung ke kementerian, ia tak mengetahui persis berapa jumlah masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang mendapat kartu pra kerja.

Begitu pun dengan kuota pra kerja yang mencapai 53.404 se Kalimantan Selatan. Ia juga tak mendapat data persis berapa jumlah kuota pra kerja untuk HST.

Menurutnya, dari kuota se Kalimantan Selatan tak dibagi per kabupaten maupun kota.

Ramai Beredar Covid-19 Giant Extra Kertak Hanyar, Ini Kata Jubir GTPP Banjar

MUI HSS Imbau Masyarakat Ibadah Idulfitri di Rumah, Terbitkan Pedoman Pelaksanaan Idulfitri

Setelah 176 Reaktif Hasil rapid test Covid-19, GTPP Covid-19 Banjarmasin Gelar Swab Massal

Link prakerja ini merupakan wadah bagi pekerja yang terdampak pemberhentian kerja (PHK), pekerja yang dirumahkan akibat dampak covid-19, dan bagi pengangguran.

Berdasarkan data Dinas Penanaman Modal Satu Pintu dan Tenaga Kerja di HST, dari 165 perusahaan yang terdaftar di HST belum ada yang merumahkan karyawannya. Namun, tercatat dua orang tak lagi bekerja karena kontrak kerja tak diperpanjang.

"Kalau di PHK atau dirumahkan belum ada. Tapi kalau tidak diperpanjang kontrak atau pemutusan kontrak ada dua orang," katanya.

Dibeberkannya, jika mendapat kartu prakerja nantinya, warga HST akan mendapat bantuan sebesar Rp 3.550.000 untuk empat bulan.

Rinciannya Rp 1 juta untuk pelatihan, Rp 600 untuk honor peserta pelatihan kerja setiap bulan dan dibayar untuk enam bulan, sedangkan Rp 150 ribu untuk surveyor. Sedangkan bank yang ditunjuk adalah BNI.

"Peserta hanya mendaftar melalui akun website prakerja.go.id, kemudian nanti akan ada notifikasi dari lembaga kerja. Pendaftaran pun melalui akun pribadi dan email," katanya.

(banjarmasinpost.co. id/Eka Pertiwi)
 

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved