Breaking News:

Wabah Corona di Kalsel

Satu Warga Alabio Kabupaten HSU Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19

Sempat dirawat di RSUD Pambalah Batung, Kota Amuntai, Kabupaten HSU, warga tersebut diperiksa dan hasilnya reaktif sehingga dinyatakan sebagai PDP.

Penulis: Reni Kurnia Wati | Editor: Alpri Widianjono
banjarmasinpost.co.id/dony usman
RSUD Pambalah Batung, Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara HSU), Kalimantan Selatan. 

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI – Seorang warga Kecamatan Sungai Pandan, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, dimakamkan dengan standar pelaksanaan Covid-19, Sabtu (16/05/2020) malam.

Hal ini dilakukan setelah sempat dirawat di RSUD Pambalah Batung, Kota Amuntai, Kabupaten HSU, warga tersebut dinyatakan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSU, dr Agus Fidliansyah, mengatakan kepada Banjarmasinpost.co.id, Minggu (17/5/2020), warga tersebut sebelumnya memeriksakan kesehatan ke Puskesmas Alabio karena karena demam.

Pihak Puskesmas melakukan perawatan dan saat dilakukan pengecekan, pasien yang bersangkutan tidak ada melakukan perjalanan luar daerah.

Namun kondisi sempat memburuk dengan bertambah gejala sesak napas, hingga pihak Puskesmas Alabio merujuk ke RSUD Pambalah Batung, Amuntai.

Positif Covid-19, Ayah dan Anak di HSU Dirawat di Bapelkes Banjarbaru

Bantu Warga Terdampak, Kapolres HSU Bagi Sembako di Amuntai Tengah

Bansos Kodim 1001/Amuntai-Balangan, Dua Desa di Balangan Jadi Sasaran Pembagian Sembako.

Kabur dari Rutan Polres HSS, 7 Tahanan Ini Berhasil Ditangkap di HSU dan HSS

Sehari perawatan, langsung dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif sehingga dinaikkan statusnya menjadi PDP.

Pemeriksaan dilanjutkan dengan swab yang sudah dikirim ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BBTKL) di Kota Banjarbaru, Kalsel.

 “Karena pasien masuk kategori PDP dengan gejala demam dan sesak napas, karenanya pemakaman dilakukan dengan protokol Covid-19. Kami memberikan penjelasan kepada pihak keluarga,” ujarnya.

Saat ini Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten HSU menunggu hasil swab, sedangkan untuk tenaga kesehatan yang telah menangani pasien baik sejak di Puskesmas Alabio hingga di RSUD Pambalah Batung akan segera dilakukan rapid test.

“Kami juga akan melakukan tracking ke pihak keluarga dan orang yang langsung kontak dengan yang bersangkutan, sembari menunggu hasil swab,” ujar dr Agus, Minggu (17/05/2020). 

(Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved