Berita Banjarmasin

Kapolda Kalsel Kunjungi MUI Kalsel, Bahas PSBB dan Pengendalian Covid-19 hingga Idulfitri di Banua

Pejabat baru Kapolda Kalsel, Irjen Nico Afinta, didampingi Kapolresta Banjarmasin bersama rombongan melakukan kunjungan silaturrahmi ke MUI Kalsel

banjarmasinpost.co.id/Syaiful Anwar
Kapolda Kalsel yang baru, Irjen Nico Afinta bersilaturahmi ke MUI Kalsel 

Editor: Syaiful Akhyar

BANJARMASIN POST.CO.ID - Pejabat baru Kapolda Kalsel, Irjen Nico Afinta, didampingi Kapolresta Banjarmasin bersama rombongan melakukan kunjungan silaturrahmi ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalsel, Senin (18/5/2020).

Kedatangan Nico diterima Wakil Ketua MUI Kalsel, Prof Dr H Hafiz Anshari, Bendahara Umum MUI, Pangeran HG Rusdi Effendi AR, Sekum Fadly Mansyori serta Ketua Bidang dan Komisi MUI Kalsel.

Dipertemuan itu, pengurus MUI Kalsel lebih banyak menanyakan masalah perkembangan Covid-19, Cluster Goa, PSBB hingga menghadapi lebaran Idulfitri nanti.

Kapolda Kalsel, Irjen Nico Afinta usai pertemuan mengatakan, dirinya meminta waktu untuk bersilaturrahmi dan memperkenalkan diri kepada Wakil Ketua MUI Kalsel dan jajarannya.

"Saya mohon kerja sama dengan MUI, karena ada tiga hal tugas saya yaitu penanganan Covid-19, Karhutla dan Pilkada. Saya juga bertugas menjaga Kamtibmas di Kalsel supaya lancar. Bila semua berjalan dengan baik, perekonomian akan pulih dan rakyat pun akan makmur," ucapnya.

Dandim Kerahkan Danramil dan Perwira di 2 Pos PSBB Kabupaten Banjar

DPRD Kapuas Bentuk Pansus Pengawasan Anggaran Gugus Tugas Covid-19, Ini Tugasnya

Serda Tri Wahyudi dari Yonif Raider 600 Modang Kalimantan Timur Siswa Terbaik Bintara TNI AD

Jadi, kata Kapolda, pihaknya sangat berharap dukungan dari MUI Kalsel bersama jajarannya.

Nico juga mengungkapkan, dalam diskusi, ada beberapa hal yang dibahas masalah Covid-19 serta perlu ditindaklanjuti seperti pelaksanaan PSBB, Idulfitri dan warga mudik ke Hulu Sungai.

"Masukan tersebut tidak sampai disini, nantinya akan disampaikan dan dikoordinasikan dengan gugus tugas provinsi untuk kedepannya," ungkapnya.

Terpisah, Wakil Ketua MUI Kalsel, Prof Dr H Hafiz Anshari mengatakan tujuan datang Kapolda Kalsel untuk bersilaturrahmi dan memperkenalkan diri ke MUI.

"Kami menyambut baik kedatangan Kapolda dan diskusi tadi cukup menarik dibahas, terutama Covid 19," ungkapnya.

Berkaitan Fatwa MUI No 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Shalat Idul Fitri saat Covid-19, ada tiga katagori wilayah diperhatikan yakni terkendali, belum terkendali dan sudah terkendali.

"Kami pun meminta kepada pemerintah daerah untuk menentukan katagori kabupaten/kota se Kalsel. Bila belum terkendali, tidak dianjurkan melaksanaksn mengumpulkan banyak jemaah," katanya.

Walau pun sudah terkendali, lanjut Guru Besar UIN Antasari Banjarmasin ini, boleh melaksanakan salat Idulfitri tapi sesuai protokol sebagaimana diatur dan ketentuan gugus tugas kesehatan.

(banjarmasin post.co.id/syaiful anwar)

Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved