Berita Kalteng

Jalan Menuju Lahan Cetak Sawah Baru Kawasan Eks PLG Kalteng Segera Dibangun

Pemerintah Kalimantan Tengah mempersiapkan infrastruktur menuju lahan cetak baru di kawasan Eks PLG Kalteng

istimewa
Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran mendampingi Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, saat melakukan penanaman padi di Desa Belanti Diam Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng, belum lama tadi. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, PULANG PISAU - Pemerintah Kalimantan Tengah, sangat serius menindaklanjuti Program Presiden Republik Indonesia untuk menjadikan Kalteng sebagai provinsi untuk pencetakan lahan pertanian guna memperkuat Ketahanan Pangan Nasional.

Setelah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, datang untuk memastikan kesiapan lahan di Kalteng untuk program tersebut, Pemprov Kalteng, hingga Selasa (19/5/2020) terus mempersiapkan pembangunan untuk pemantapan infrastruktur jalan menuju sejumlah titik lokasi lahan yang akan digunakan sebagai pencetakan sawah baru untuk pertanian yang direncanakan Presiden RI Joko Widodo.

Berbagai kesiapan dalam penanganan lahan dan irigasi dan lainya, terkait program pencetakan lahan pertanian yang dijadikan cagar pangan, usai dikunjungi oleh Mentri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, serta Bupati Edy Pratowo, di Desa Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng, dilakukan pendataan infrastruktur pendukungnya.

Gubernur Sugianto mengarahkan Kepala Dinas terkait seperti PUPR, Dinas Pertanian dan Hutikoltura serta Dinas Kehutanan, untuk melakukan evaluasi berbagai kesiapan pada lokasi lahan yang akan dilakukan pencetakan sawah baru tersebut khususnya daerah Pulang Pisau.

Dinas Pertanian Gencarkan Sosialisasi Penggunaan OTP untuk Sawah di Balangan

Banjir Desa Pekauman, Akses Jalan Terhambat, Sungai Meluap Meredam 659 Hektare Sawah di Cintapuri

Lima Tahun Sawah Sering Terendam, Petani di Tebing Tinggi HSS Kesulitan Tanam Padi

“Persiapan sudah dilakukan sesuai arahan Pak Menteri kemarin, akan dilanjutkan ke tahap evaluasi dan koordinasi yang akan dilakukan oleh dinas terkait dalam menghadapi kesiapan, sebelum kegiatan dilaksanakan ," ujar Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, usai meninjau kawasan Eks PLG yang mencakup wilayah Pulang Pisau dan Kapuas.

Kepala Dinas yang mendampingi Gubernur Sugisnto, yakni Kadis PUPR Shalahuddin, menyebut berbagai aspek dinas terkait melakukan kesiapan, salah satunya PUPR dengan mengecek dan menyiapkan akses jalan pendukungnya serta mengenai pengairan irigasi rawa untuk pendukung program tersebut.

Dia menegaskan, pihaknya sudah melakukan pantauan ke lapangan, untuk akses jalan dan pelabuhan sudah bagus, namun perlu adanya perbaikan kembali agar lebih mantap.

"Setidaknya, ada delapan ruas jalan sebagai pendukung yang jadi perhatian kami, yakni empat Jalur Jalan Provinsi, tiga jalur jalan Nasional, dan satu jalur jalan Kabupaten," ujarnya.

Program Serasi di Tala Sentuh 9 Kecamatan, Produktivitas Padi Naik Segini

Dukung Program Serasi, Guru Khalil Sarankan Hal Ini Pada Petani Banjar

Dinas PUPR Kalteng sendiri dalam anggaran kegiatan Operasi dan Pemeliharaan sudah disiapkan, sedangkan lainya penangananya akan dilakukan oleh nasional.

"Prinsipnya, Bapak Gubernur Sugianto Sabran, menyebut Provinsi Kalteng siap, sehingga menunggu koordinasi lanjutan dengan Kementrian dan pusat," ujar Kadis PUPR Kalteng, Shalahuddin. (banjarmasinpost.co.id / Faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved