Berita Tanahlaut

VIDEO Warga Kabupaten Tanahlaut Penerima Bantuan Diharapkan Begini

Warga Kabupaten Tanahalut menerima bantuan dari pemerintah untuk menghadapi dan menjalani hidup saat pandemi Covid-19.

Editor:  Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Jenis jaring pengaman sosial diterima warga Kabupaten Tanahlaut (Tala), Kalimantan Selatan (Kalsel).  

Bantuan itu meliputi Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan Kartu Pekerja.

Khusus BLT terpilah dua, yakni BLT Dana Desa dam BLT APBD. Semua nilainya sama, yakni Rp 600.000 per Kepala Keluarga (KK) per bulan dan akan disalurkan selama tiga bulan.

"Alhamdulillah saya dapat bantuan pemerintah pusat. Tiba-tiba ada orang datang ke rumah, pegawai dan menyerahkan Rp 600.000," ucap Nafsiah, Selasa (19/5/2020).

Warga Kelurahan Angsau, Kota Pelaihari, itu mengaku sangat senang karena dirinya memang telah lama tak punya penghasilan setelah sang suami meninggal belasan tahun silam.

Perempuan lanjut usia itu mengaku makin lega ketika mendengar penjelasan petugas bahwa bantuan tersebut masih akan berlanjut. "Katanya tiga bulan dikasihnya. Alhamdulillah, terima kasih," tandasnya.

Satgas Desa di Tala Ini Jaga Jalur Masuk, Pendatang dari Zona Merah Diminta Balik Kanan

Banjir di Desa Asamasam, BPBD Tanahlaut Salurkan Bahan Pangan Ini ke Korban Bencana

Warga Asamasam Kabupaten Tanahlaut Kaget Lantai Rumah Penuh Air

Patroli ke Kampung, Bupati Tanahlaut Tutup Paksa Dua Warung Malam

Cegah Corona, Sukamta Ingatkan Warga Tanahlaut Hindari Daerah Ini

Kelegaan juga turut dirasakan Bupati Tala, H Sukamta. "Saya senang karena hampir seluruh program jaring pengaman sosial di Tala sudah meluncur ke desa-desa," ucapnya.

Pada Jumat (15/5/2020), Sukamta juga telah menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial bertempat di Kantor Pos Pelaihari di Jalan Datu Daim.

Bantuan itu diserahkan untuk 100 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Kelurahan Pabahanan. Lalu, sebanyak 241 KPM dari Kelurahan Angsau.

Bupati Sukamta berharap dengan penyaluran JPS tersebut dapat menyelamatkan warga Kabupaten Tala dari kelaparan.

Ia mengimbau warga agar memanfaatkan bantuan itu untuk memenuhi keperluan hidup sehari-hari.

Dirinya juga meminta warga untuk tetap menjaga jarak, menghindari kerumunan, pakai masker dan selalu cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. Ini cara terbaik untuk menghindarkan dari dari risiko penularan Covid-19.

(Banjarmasinpost.co.id/Idda Royani)

Penulis: Idda Royani
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved