Berita Kabupaten Banjar

Rapid Test di Pasar Ahad Kabupaten Banjar, Ini Jumlah yang Reaktif

Dinkes Kabupate Banjar lakukan rapid test 231 orang di Pasar Ahad dan yang reaktif 16 orang, bertujuan memetakan potensi sebaran Covid-19.

PUSKESMAS KERTAK HANYAR UNTUK BPOST GROUP
Petugas kesehatan melaksanakan apid test di Pasar Ahad, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (20/5/2020). 

Editor: Alpri Widianjono

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Menjadi daerah perbatasan dengan Kota Banjarmasin dengan angka positif Covid 19 terbanyak, membuat Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar melakukan rapid test masal kepada pedagang di Pasar Ahad Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan ( Kalsel ) , Rabu (20/5/2020).

Selain itu, Pasar Ahad yang berada di perbatasan menjadi tempat berkumpul warga tak hanya Kabupaten Banjar, namun juga dari Banjarmasin.

Pedagang langsung diminta jalani rapid test oleh petugas medis yang mengenakan baju hazmat, lainnya ada juga yang datang ke loket pemeriksaan.

Menurut Kadinkes Kabupaten Banjar yang juga Jubir Gugus Tugas P2 Covid 19 Kabupaten Banjar, dr Diaudin, sudah dilakukan rapid test khususnya pedagang sebanyak 231 orang dan yang reaktif hanya 16 orang.

"Langsung kita swab juga sebanyak delapan orang, sisanya delapan orang lainnya karena tidak sabar menunggu jadi kami jadwalkan besok," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Delapan orang yang belum diswab tes, ungkap dr Dia, sudah disimpan nomor telepon beserta alamatnya agar kembali melakukan swab tes.

SMKN 3 Banjarmasin Bantu Rp 5 Juta untuk Penderita Hidrosefalus

VIDEO Pembagian Paket Ikan Patin Segar di Kota Martapura

Dua Kecamatan di Kabupaten Banjar Terima Paket Ikan Segar Setelah Lebaran

Banjir di Desa Sei Jaring Kecamatan Simpangempat, Kendaraan Sempat Tak Bisa Melintas

Ambruk Jembatan Gantung Desa Benteng Pengaron, Masih Terendam Sungai, Warga Khawatirkan Ini

Sedangkan yang dinyatakan reaktif juga diminta untuk melakukan isolasi mandiri. Hasil Swab diperkirakan jelas dr Dia akan keluar sekitar 10 hari berikutnya.

Selain pasar Ahad, rapid test di pasar juga akan menyusul Pasar Martapura dan Pasar Sungai Lulut.

"Insya Allah setelah Lebaran, menyusul dua pasar itu. Karena karakteristik pasar itu sama dengan Pasar Ahad, baik pedagang dan pembeli bisa datang dari Banjarmasin," jelasnya.

Memang selama PSBB, jelasnya, akan dilakukan rapid tes massal di banyak tempat. Tak hanya di puskesmas, namun juga di pasar dan tempat lain yang dicurigai.

Hingga kini terpantau jumlah positif Covid 19 di Kabupaten Banjar ada 40 orang, dengan jumlah sembuh bertambah satu orang jadi delapan, meninggal lima dan dalam perawatan ada 27 orang.

GTPP Covid 19 Kabupaten Banjar juga baru-baru ini melakukan rapid test untuk 254 orang dan 48 swab tes.

"Total swab yang kami sampaikan ada 135 swab," tambahnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved