Berita Tapin

Pedagang dan Pembeli di Pasar Keraton Rantau Wajib Kenakan Masker

Mencegah penularan Covid-19, Pedagang dan pembeli di Pasar Keraton Tapin wajib kenakan masker

istimewa/bpbd tapin
Pedagang ataupun pembeli yang berbelanja di Pasar Keraton Rantau diminta memakai masker, dua posko didirikan untuk mendisiplinkan pedagang dan pembeli, Kamis (21/5/2020) 

Editor : Hari Widodo

BANJARMAINPOST.CO.ID, RANTAU - Kawasan Pasar Keraton Rantau menjadi atensi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tapin.

Dua posko didirikan untuk mendisiplinkan para pelaku usaha kecil, terutama pedagang sayuran dan para pembeli.

Posko di dekat pintu masuk dan keluar di Jalan Haji Isbat, kawasan Pasar Keraton Rantau dan posko kedua di dekat Kantor Kelurahan Rantau Kanan, juga akses masuk dan keluar.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan didampingi Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Tapin, Arifin Noor dan Kapolsek Tapin Utara, Ipda Subroto melihat langsung transaksi pedagang dan pembeli.

MUI dan Kemenag Tapin Bikin Seruan Bersama, Imbau Warga Salat Ied di Rumah

Sembako untuk Guru Pesantren dan TK Al Quran se Tapin Dibagikan

Posko THR di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tapin Nihil Aduan

Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan kehadirannya di kawasan Pasar Keraton, di lapak pedagang sayuran dalam rangka mencoba melakukan pendekatan.

Menurut Bupati Tapin yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tapin, bagaimanapun para pedagang dan pembeli harus disiplin terutama disiplin mengenakan masker.

Ada kepuasan masyatakat jika disiplin mengenakan masker sudah tertanam dalam transaksi perdagangan antara pedagang dan pembeli.

"Paling tidak jika pedagang dan pembeli displin memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak akan mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di kawasan Pasar Keraton Rantau," katanya.

Selama ini, ungkap Bupati Tapin, angka penderita positif Covid-19 di Kabupaten Tapin semakin hari semakin meningkat angka pendrritanya dan sudah ada pasien yang meninggal dunia karena Covid-19.

Menurut Bupati Tapin akan menjadi permasalahan besar bagi Pemerintah Kabupaten Tapin jika penerapan disiplin mengenakan masker tidak dilaksanakan masyarakat, khususnya para pedagang dan pembeli.

Pemerintah Kabupaten Tapin memiliki keterbatasan tempat isolasi berkelompok. Hanya memilki penampungan ruang isolasi itu di SKB Dinas Pendidikan Kabupaten Tapin saja.

"Saya berharap pedagang secara pribadi menyadari pentingnya protokol kesehatan pandemi wabah Covid-19 dengan disiplin mengenakan masker," katanya.

UPDATE Covid-19 Kalsel: Tambah 46 Positif Asal Banjarmasin, Tapin dan Kabupaten Banjar

Kunjungi Pos Pantau Covid-19 di Perbatasan, Begini Pesan Bupati Tapin

Informasi dihimpun reporter Banjarmasinpost.co.id, posko di kawasan Pasar Keraton Rantau tegas menolak pedagang atau pembeli yang masuk berbelanja atau berdagang tidak mengenakan masker.

Pedagang atau pembeli diminta balik kanan mengambil masker mereka, setelah itu dibolehkan berbelanja di kawasan Pasar Keraton Rantau dan lapak pedagang sayuran. (Banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved