Berita Nasional

Syarat Naik Pesawat Agar Tak Ditolak Petugas di Bandara sesuai Anjuran PT Angkasa Pura II

Ini Syarat Naik Pesawat Agar Tak Ditolak Petugas di Bandara sesuai Anjuran PT Angkasa Pura II

Capture Youtube BPost
Ini Syarat Naik Pesawat Agar Tak Ditolak Petugas di Bandara sesuai Anjuran PT Angkasa Pura II. FOTO : Petugas menggunakan thermal gun mengukur suhu tubuh penumpang pesawat di Bandara Syamsudin Noor. 

Editor: Rendy Nicko
BANJARMASINPOST.CO.ID - Anda mendadak harus pergi menggunakan pesawat terbang dalam waktu dekat? Meski tak mudah, Anda terlebih dulu harus melengkapi syarat naik pesawat agar tetap bisa terbang tanpa ditolak saat sudah tiba di bandara.

Walaupun telah mengantongi tiket penerbangan, Anda tak bisa serta merta terbang menggunakan maskapai yang tertera di tiket. Anda terlebih dulu harus memenuhi syarat naik pesawat dan dokumen lainnya.

Lantas, apa saja syarat naik pesawat agar rencana perjalanan Anda tidak gagal?

Indonesia Patenkan Antivirus Corona untuk Sembuhkan Covid-19, Ada Balsem, Kalung, Inhaler

Jawaban Soal SD Kelas 4 5 dan 6 Sabtu 23 Mei Materi Belajar dari Rumah TVRI Tak Ada

Jadwal Live Streaming Mola TV Liga Jerman Sabtu 23 Mei, Borussia Dortmund dan Bayern Muenchen Main

Jadwal Imsak Hari Ini Sabtu 23 Mei 2020 dan Azan Subuh Ramadhan 1441 H di Jakarta dan Banjarmasin

PT Angkasa Pura II (AP II) menyebut, tidak semua calon penumpang pesawat, meski sudah mengantongi tiket dapat terbang dari bandara. Sebagai bukti, lebih dari 100 calon penumpang pesawat ditolak karena membawa dokumen tidak valid serta surat rapid test atau polymerase chain reaction alias PCR kedaluwarsa.

Anda bisa melihat syarat-syarat tersebut dalam Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid -19).

Dalam surat itu disebutkan, ada orang-orang yang tetap boleh melakukan perjalanan keluar atau masuk wilayah batas negara dan/atau batas wilayah administrasi, baik dengan dengan kendaraan pribadi atau sarana transportasi umum yang ada di seluruh Indonesia.

Kriteritanya, pertama, Anda bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta yang menyelenggarakan pelayanan percepatan penanganan Covid-19, pelayanan pertahanan, keamanan, dan ketertiban umum, pelayananan kesehatan, pelayanan kebutuhan dasar, pelayanan pedukung layanan dasar, pelayanan pendukung layanan dasar dan pelayanan fungsi ekonomi penting.

Awak kabin Garuda Indonesia, melayani penumpang pesawat dalam penerbangan Jakarta-Balikpapan, Jumat (7/12/2018). Garuda Indonesia meluncurkan layanan penerbangan bernuansa klasik bertajuk Garuda Indonesia Vintage Flight Experience dari tanggal 7-17 Desember 2018
Awak kabin Garuda Indonesia, melayani penumpang pesawat dalam penerbangan Jakarta-Balikpapan, Jumat (7/12/2018). Garuda Indonesia meluncurkan layanan penerbangan bernuansa klasik bertajuk Garuda Indonesia Vintage Flight Experience dari tanggal 7-17 Desember 2018 (KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES)

Kedua, Anda mengalami musibah dan kemalangan seperti meninggal dan ada keluarga yang sakit keras.

Ketiga, Anda adalah repatriasi Pekerja Migran Indonesia (PMI), warga negara Indonesia, dan pelajar/mahasiswa yang berada di luar negeri, serta pemulangan orang dengan alasan khusus oleh pemerintah sampai ke daerah asal, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Meski begitu, sejumlah persyaratan harus Anda penuhi jika akan melakukan perjalanan yakni:

Halaman
12
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved